Kepala BKKBN Muna Kembalikan Uang Kerugian Negara ke Jaksa – Berita Kota Kendari Online
Kasuistika

Kepala BKKBN Muna Kembalikan Uang Kerugian Negara ke Jaksa

RAHA, BKK- Masih ingat kasus pengadaan mobil operasional di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Muna pada 2015 senilai Rp 351 juta? Kasus ini kembali dibuka Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna dan bahkan statusnya naik ke tingkat penyidikan akhir tahun lalu.

Sebelumnya, Kamis pekan lalu, LM Safei sudah diperiksa Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Muna Muh Anshar SH.

Kemudian, Selasa (6/3), Kejari Muna kembali memeriksa Kepala BKKBN Muna LM Safei SSTP MSi.

Safei datang bersama pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) proyek pengadaan mobil operasional tersebut, Syahrun ST.

Usut punya usut, kedatangan LM Safei dan Syahrun ternyata hendak membayar uang negara dari kasus dugaan korupsi yang dilakukannya sebesar Rp 20 juta.

Kasi Intelijen Kejari Muna La Ode Abdul Sofyan SH MH saat dikonfirmasi hal ini membenarkan.

“Memang LM Safei datang ke Kejari Muna mau membayar uang negara sejumlah Rp 20 juta. Mobil inikan dikaroseri di Kendari. Anggaran untuk karoseri itu Rp 58 juta. Namun, pengembalian uang negara itu tidak akan menghapus tindak pidana perkaranya. Artinya, kasus ini tetap jalan terus, terlebih sejak akhir tahun lalu kasus ini sudah naik ke penyidikan,” terangnya, kemarin.

Pantauan koran kemarin, uang negara sebesar Rp 20 juta diserahkan LM Safei selaku kuasa penguna anggaran (KPA) didampingi Syahrun ke Kejari Muna. Dua staf Kejari Muna Ati dan Arma terlihat menghitung uang tersebut di ruang kasintel. (r1/iis)

To Top