Headline

Pendaftaran Dimulai, Seleksi Bawaslu Dijamin Fair

Musyida Arifin

KENDARI, BKK – Tim seleksi (timsel) mulai mengumumkan penndaftaran calon komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Timsel Bawaslu Sultra Musyida Arifin SSos MSi mengatakan, pihaknya telah mendapatkan jadwal dari Bawaslu-RI. Pendaftaran resmi dimulai 12 sampai 21 Februari 2018, setiap hari kerja.

Wanita berjilbab ini menambahkan, tes kemampuan nanti akan menggunakan sistem Kendati tes menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Kendati demikian, menurut dia, itu tidak terlalu susah karena hanya menggunakan komputer.

Musyida menilai hal yang paling penting adalah peserta seleksi mengusai materi. Mulai dari materi Pacasila, Undang-Undang Dasar 1945, proklamasi, kepemiluan dan pengawasan.

“Itu yang perlu diperkuat. Karena sebenarnya proses seksinya lebih fair atau lebih adil. Sebab, hail tes langsung dilihat pada saat itu juga,” ujarnya, Selasa (6/2).

Dikatakan, sistem CAT lebih bagus, sebab tidak ada peluang untuk bermain-main. Sehingga, kuncinya peserta hanya perlu mengusai materi tes.

Kemudain, sambung Musyida, hasil CAT akan dikompilasikan dengan hasli psiko peserta. Sebab, tes CAT satu paket dengan tes psikologi.

Sehingga, bagi pserta yang memperoleh nilai tertinggi yakni 20, berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya yaitu wawancara dan tes kesehatan.

“Dan, untuk mengumumkan itu hanya menunggu jedah sebentar saja. Jadi kita gabungkan dulu nilainya, kemudian kita presentasekan nilainya. Nila tertinggi itu 20 (hasli komplisasi tes CAt dan psikologi),” pungkasnya Musyida. (man)

To Top