BMS Saat Diverifikasi, PDIP dan Hanura Bombana Lakukan Perbaikan – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

BMS Saat Diverifikasi, PDIP dan Hanura Bombana Lakukan Perbaikan

Andi Usman

RUMBIA, BKK – Kepengurusan 12 partai politik (parpol) lama di tingkat Kabupaten Bombana telah diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Hasilnnya, dua parpol yakni PDIP dan Hanura dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Namun, setelah diberikan waktu perbaikan, kedua partai itu sudah melengkapi seluruh persyaratan administrasi yang dianggap kurang hingga kemudian dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Bombana.

Komisioner KPU Bombana Andi Usman mengungkapkan, PDIP sebelumnya dinyatakan BMS akibat adanya ketidaksesuaian antara data nomor induk kependudukan (NIK) dan kartu tanda anggota (KTA) partai.

“Sementara untuk Hanura dinyatakan BMS karena ada keanggotaannya yang juga merupakan anggota partai lain yakni pengurus partai persatuan pembangunan (PPP), ” jelas Andi Usman ditemui, Selasa (6/2).

Permasalahan lain yang juga ditemukan di Hanura Bombana, yakni sekretarisnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Setelah dikroscek di sistem bahwa kegandaan nama yang merupakan Sekertaris Hanura itu TMS. Sementara di pengurus PPP itu yang bersangkutan memenuhi syarat, ” ujarnya.

Atas sejumlah temuan itu, lanjutnya, KPU memberikan waktu kepada pengurus Partai Hanura untuk melakukan perbaikan dengan mengganti struktur keanggotannya.

“Nah setelah melakukan perbaikan sejak tanggal 3 sampai 6 Februari kemarin dipastikan (PDIP dan Hanura) memenuhi syarat, tinggal kita plenokan antara tanggal 7 dan 8 Februari besok, ” pungkasnya. (k3/nur)

To Top