SMPN 9 Kendari Menghelat Try Out UNBK – Berita Kota Kendari Online
Pendidikan

SMPN 9 Kendari Menghelat Try Out UNBK

KENDARI, BKK – Dalam rangka mempersiapkan siswa/siswi menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April nanti, sekolah tingkat SMP se-Kota Kendari menggelar Try Out serentak, Senin (5/2). Tak terkecuali SMPN 9 Kendari juga ikut melaksanakaan uji coba ujian yang berlangsung selama dua hari tersebut.

Kepala MPN 9 Kendari Milwan menyebutkan, hari pertama try out tersebut ada dua mata pelajaran yang diujikan yakni Mate-matika dan Bahasa Indonesia. Sedangkan di hari kedua yang digelar hari ini, Selasa (6/2), yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Inggris yang masih menggunakan kertas pensil.

“Untuk jumlah peserta didik yang mengikuti try out di SMPN 9 Kendari yakni 394 orang, namun yang tidak hadir berjumlah dua orang dikarenakan peserta didik tersebut lagi sakit,” terang Milwan saat ditemui di kantornya kemarin.

Ia menuturkan, untuk pengawas try out di SMPN 9 Kendari berasal dari lingkup sekolah dengan sistim pengawas silang mata pelajaran. 20 bilik ujian masing-masing diisi dua pengawas, sehingga total pengawas sebanyak 40 orang.

Pelansanaan try out ini, lanjutnya, salah satu tujuannya untuk memetakan kompetensi peserta didik dalam menghadapi ujian. Sehingga, guru dapat membuat strategi dalam menangani setiap siswa yang akan melaksanakan UNBK itu.

“Dalam try out ini dilakukan pemetaan (kemampuan siswa) mulai dari yang paling tinggi, sedang dan rendah. Untuk kategori sedang dan rendah, akan dilakukan pembimbingan khusus dan bagaimana strategi guru untuk memberikan pelajaran tambahan guna menggenjot kemampuan siswa/siswinya,” pungkasanya. (m1/nur)

To Top