Suksesi

Buka Pendaftaran Caleg, Demokrat Sultra Target Kursi Pimpinan DPRD

Penyerahan formulir pendaftaran Caleg Partai Demokrat Sultra. (FOTO KASMAN/BERITA KOTA KENDARI)

KENDARI, BKK – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulawesi Tenggara (Sultra) membuka pendaftaran calon legislatif (caleg) yang dimulai 5 Februari sampai dengan 5 Maret 2018.

Pembukaan pendaftaran caleg ini diumumkan secara resmi di Kantor DPD Partai Demokrat Sultra, Jalan Boulevar Baruga Kota Kendari, Minggu malam (4/2).

Partai Demokrat sengaja membuka pendaftaran lebih cepat, mengingat pada 1 Juli sudah pengumuman daftar caleg sementara (DCS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sehingga, penentuan caleg di partai itu sudah harus selesai Maret atau April,” terang Ketua DPD Demokrat Sultra Muhammad Endang SA dalam sambutannya saat membuka launching pendaftaran caleg.

Disebutkan Endang, Demokrat menyiapkan lebih dari 500 caleg, baik maju di tingkat DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/ kota.

Endang mengaku, pendaftaran ini terbuka untuk umum. Namun, tetap akan memprioritaskan kader Demokrat dalam pilcaleg 2019.

Dalam kesempatan itu, Endang juga menuturkan, pemilihan kepala daerah, pilcaleg, dan pemilihan presiden dapat menentukan eksistensi Demokrat.

Untuk itu, Endang meminta, semua kader untuk perbanyak turun ke masyarakat mulai dari saat ini.

“Tujuan parpol untuk berkuasa, untuk menjalankan ide. Mulai sekarang, kurangi tidur siang dan istrahat. Sekarang ini harus banyak turun ke masyarakat. Lebih baik mandi keringat saaat ini dari pada mandi air mata di hari H,” imbuhnya.

Endang menuturkan, meski terjadi persaingan ketat pada 2014, namun Demokrat Sultra mampu menyumbangkan satu kursi DPR RI, yakni Umar Arsal.

Sementara, untuk di tingkat provinsi masih memperoleh urutan ketiga dan mendapatkan satu jatah kursi Wakil Ketua DPRD Sultra. Begitu pula di kabupaten dan kota, hanya Kota kendari yang tidak dapat kursi pimpinan.

“Walaupun masih perlu kita berbenah. Kota Kendari, kita urutan tiga, tapi kenapa tidak dapat wakil pimpinan karena Partai Gerindra masih mengalahkan kita di manajemen dapil. Pada 2019, di 17 kabupaten dan kota harus meraih kursi pimpinan, itu target kita,” ujarnya.

Masih kata Endang, bagi caleg yang tampil di DPRD Sultra tidak harus mendaftar di Kantor DPD Partai Demokrat, boleh mendaftar di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) setempat.

Lebih lanjut, Endang mengingatkan, agar kader Demokrat juga selalu solid untuk memenangkan calon kepala daerah yang diusung partainya di Pilkada serentak 2018. (man/nur)

To Top