Paus Sperma Raksasa Terdampar di Bombana, Bikin Heboh – Berita Kota Kendari Online
Headline

Paus Sperma Raksasa Terdampar di Bombana, Bikin Heboh

RUMBIA, BKK – Ikan paus sperma sepanjang kurang lebih 16 meter terdampar di pesisir laut Tompobatu, Kelurahan Lameroro, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana, Kamis (1/2).

Ikan itu pertama kali ditemukan oleh salah seorang nelayan, H Kadir (60) yang juga merupakan Ketua Kelompok Nelayan Pancing Tunggal sekitar pukul 08.00 Wita saat hendak melaut.

“Saya lihat waktu saya mau turun melaut sekitar pukul 08.00 Wita. Awalnya kaget juga saya pikir apa, padahal setelah saya cek ternyata ikan paus, ” kata Kadir saat ditemui dilokasi kejadian.

“Besar sekali itu ikan. Kurang lebih 16 meter panjangnya dan tinggi badan sekitar 3 meter, ” sambungnya.

Dijelaskannya, surutnya air laut yang membuat ikan itu terdampar. Hanya saja, dirinya sama sekali tidak mengetahui apa penyebab yang membuat ikan itu sudah tidak bernyawa.

Akan tetapi, lanjutnya, matinya ikan paus sepajang kurang lebih 16 meter itu diperkirakan usai berkelahi dengan kawanan ikan paus lainnya. Pasalnya, kata dia, disekujur tubuh ikan itu terdapat luka.

“Banyak sekali lukanya itu ikan. Mungkin habis berkelahi dengan ikan lainnya. Karena banyak sekali luka dibagian punggung belakang dan mulutnya, ” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Kaseng (42) menuturkan, terdamparnya ikan paus sepanjang 16 meter itu bukan pertama kalinya terjadi.

Pasalnya, pada tahun 2016 lalu pernah juga ditemukan ikan paus yang terdampar di laut pesisir tersebut.

“Ini bukan kejadian yang pertama kalinya. Banyak memang ikan paus di seputaran laut ini. Hanya saja, memang ini ikan paus yang terdampar sekarang ini lebih besar dari ikan paus pada 2016 lalu, ” bebernya.

Pantauan Koran ini, terdamparnya ikan paus sepanjang 16 meter itu, membuat masyarakat setempat berbondong-bondong untuk melihatnya.

Bukan saja itu, berita terdamparnya ikan paus di Bombana membuat heboh warganet. Karena masyarakat yang menyaksikan ikan itu menguploadnya di media sosial, seperti facebook dan WhatsApp. (k3/lex)

To Top