Muhammadiyah dan WI Kolaka Gelar Shalat Gerhana – Berita Kota Kendari Online
Aktualita

Muhammadiyah dan WI Kolaka Gelar Shalat Gerhana

Shalat khusuf atau gerhana bulan yang dilaksanakan Wahdah Islamiyyah dan komunitas hijrah Kolaka. (Foto: Armin Arsyad/BKK)

KOLAKA,BKK – Warga Muhammadiyah dan organisasi Wahdah Islamiyyah (WI) Kolaka, menggelar shalat gerhana bulan atau khusuf pada Rabu (31/1) usai shalat Isya.

Usai shalat Isya, puluhan warga Muhammadiyah dan masyarakat sekitar masjid Annur kelurahan Sea kecamatan Latambaga, memperingati momentum gerhana bulan total, dibarengi supermoon atau bulan berada pada posisi dekat dengan Bumi, hingga mencapai 17 persen, serta bluemoon atau bulan terlihat utuh saat purnama kedua setiap bulannya, dengan shalat gerhana.

“Ketika terjadi gerhana bulan, Rasulullah memerintahkan untuk shalat khusuf atau shalat gerhana. Selain itu dianjurkan untuk tobat maksiat, mengerjakan kebaikan, memperbanyak doa dan istighfar,” kata imam masjid Annur Irwan.

Ditempat terpisah, ratusan WI Kolaka dan komunitas hijrah menggelar shalat gerhana di masjid WI di jalan Ahmad Mustin kelurahan Laloeha Kolaka, sekitar pukul 20.15 wita dipimpin Ustadz Muhdar Salim dan khatib mantan ketua DPD WI Kolaka Ustadz Fahruddin.

Dalam hutbahnya Ustadz Fahruddin mengatakan, gerhana bulan merupakan salah satu bukti kebesaran dan kekuasaan Allah. Karena itu, diajak kaum muslimin untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah, serta takutlah dengan penomena alam itu, sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW yang takut ketika terjadi gerhana, karena kwatir akan terjadi hari kiamat.

“Fenomena gerhana bulan adalah salah satu bukti kekuasaan Allah, untuk itu mari kita meningkat kan ketaqwaan kita, serta memperbanyak doa dan istighfar,” kata Fahruddin.

Sementara panitia pelaksana shalat gerhana WI, Anang mengatakan, sejak ada informasi akan terjadi gerhana bulan, pihaknya telah menjadwalkan melaksanakan shalat khusuf.

“Shalat gerhana merupakan salah satu shalat Sunnah yang dianjurkan Rasulullah, sekaligus bisa menambah amalan dan pahala kita,” kata Anang. (r3/lex)

To Top