Kerjasama Peningkatan SDM, UM Malaysia Teken MoU dengan UHO – Berita Kota Kendari Online
Pendidikan

Kerjasama Peningkatan SDM, UM Malaysia Teken MoU dengan UHO

Suasana penandatanganan MoU antara UM Malaysia dengan UHO, Kamis (1/2). Foto: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK- Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi (PT) baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, University of Malaya (UM) Malaysia menyambangi Universitas Halu Oleo (UHO). PT ini sepakat melakukan kerjasama antar negara dan telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Saat penandatanganan MoU yang digelar di Gedung Rektorat UHO, Kamis (1/2), UHO diwakili langsung Prof Muhamad Zamrun selaku rektor, sedangkan UM Malaysia diwakili delegasinya, Prof Ismail B Yusuff.

Usai penandatangan MoU, Zamrun menyebutkan UM merupakan salah satu universitas terbaik di Asia Tenggara dan menjadi universitas terbaik di Malaysia. Sehingga, menurutnya, sudah tepat UHO menjalin kerjasama dengan universitas tersebut dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Semoga MoU ini merupakan langkah awal yang bagus untuk mempermantap institusi di dalam meningkatkan SDM ke depannya,” tutur Zamrun.

Ia menjelaskan, sebelumnya memang kedua universitas ini sudah melakukan kerjasama, namun bersifat tidak formal seperti penelitian bersama dan bimbingan antar dosen.

Untuk ke depannya, lanjut Zamrun, yang paling ditekankan dalam MoU ini yakni pertukaran pelajar, pertukaran dosen, penelitian bersama, menulis jurnal bersama dan kegiatan lain yang berkaitan dengan peningkatan akademik.

“MoU ini mencakup seluruh fakultas yang ada di UHO, tetapi yang lebih utama yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan kami sendiri sudah banyak melakukan MoU dengan beberapa negara antara lain Amerika Serikat, Jepang dan Australia dan masih banyak yang lainnya,” urainya.

Prof Ismail B Yusuff selaku delegasi UM Malaysia juga mengaku mengapresiasi kerja sama kampusnya dengan UHO tersebut. Kerjasama itu dilakukan, menurutnya, semata-mata untuk pengembangan dunia pendidikan ke depannya.

“UM merupakan universitas peringkat 114 terbaik di dunia, sehingga ke depannya kami berusaha keras untuk menjadi lebih baik lagi,” ujar Ismail yang menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Sains UM Malaysia tersebut. (m1/nur)

To Top