Hari Ini, KPU Kota Kendari Serahkan Hasil Verifikasi 16 Parpol Calon Peserta Pemilu – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

Hari Ini, KPU Kota Kendari Serahkan Hasil Verifikasi 16 Parpol Calon Peserta Pemilu

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari secara resmi telah selesai melakukan verifikasi faktul terhadap 16 partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Kota Kendari Ade Suerani mengaku, hasil verifikasi tersebut masih akan diplenokan. Selanjutnya akan diserahkan ke masing-masing parpol.

“Malam ini (Kamis malam, red) baru kita plenokan hasilnya. Besok ( hari ini, red) kita serahkan hasilnya ke masing-masing parpol,” ujar Ade melalaui sambungan teleponnya, Kamis (1/2).

Ade menuturkan, khusus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Kendari yang belum bisa diverifikasi karena 18 anggotanya yang menjadi sampel tidak hadir.

“Tadi pagi sudah hadir beberapa (anggota Hnura Kendari), tapi hasil resminya saya belum dapat, ini kita masih mau pleokan,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Muh Yahya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Kota Kendari versi lama, mengaku tidak mempermasalahkan bila KPU melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan baru Hanura Kendari yang diketuai Johny J David.

Sebab, kata Yahya, memang secara resmi yang telah disahkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) adalah kepengurusan Hanura tingkat pusat yang diketuai Oesman Sapta Odang (OSO), yang kemudian menetapkan Johny J David sebagai Ketua DPC Hanura Kendari.

“Tapi yang kita kesalkan KPU RI. Kesalnya kita ini kan sebenarnya sipol (sistem informasi partai politik) sudah ada aturannya. Oke, saya tidak diakui tetapi jangan memakai anggota dalam kepengurusan saya,” ujar Yakya.

“Seharusnya jika sudah terjadi dualisme maka seharusnya tidak memakai kepengurusannya yang tidak diakui,” imbuhnya.

Untuk diketahui dualisme kepengurusan Hanura di Kota Kendari juga terjadi setelah perpecahan terjadi di tingkat pusat dan provinsi. Yahya kemudian tetap bersama Sabri Manomang, selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Sultra pendukung hasil Munaslub versi Ambahara yang diketuai Daryatmo. Sementara yang diverifikasi KPU adalah jajaran kepengurusan OSO. (man/nur)

To Top