BPN Kolut Target 3.300 Sertifikasi Gratis – Berita Kota Kendari Online
Lingkar Sultra

BPN Kolut Target 3.300 Sertifikasi Gratis

LUIS/BKK
La Ariki

LASUSUA, BKK– Badan Pertanahan Nasional Kolaka Utara berkomitmen akan merampungkan 3.300 lembar sertifikat tanah yang masuk pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada 2018. Kepala BPN Kolut, La Ariki mengatakan program yang dulunya dikenal dengan istilah Prona ini bertujuan membantu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan sertifikat hak milik, tanpa mengeluarkan biaya besar.

Dengan sertifikasi ini pula, seluruh bidang tanah dapat diketahui statusnya sehingga mengurangi potensi konflik di kemudian hari. “Kita harapkan dukungan pemerintah setempat untuk menyukseskan program PTSL ini karena sertifikat massal ini,” kata La Ariki, belum lama ini.

Menurut La Ariki, 3.300 sertifikat tanah yang ditargetkan akan rampung pada 2018 itu terdiri atas 2.600 sertifikat bidang tanah PTSL murni, 500 sertifikat tanah lintas sektor, 100 sertifikat bidang tanah nelayaan tambak dan 100 sertifikat bidang usaha kecil. “Program ini untuk mengetahui status setiap bidang tanah yang ada di desa seperti riwayat mutasi, status kepemilikan atau tanah tersebut masih status milik negara. Kunci suksesnya program ini berada ditangan pemerintah desa,” ujar La Ariki.

La Ariki menambahkan, desa yang berbatasan dengan Kawasan Hutan Lindung (KHL) atau Hutan Penggunaan Terbatas (HPT), terutama desa yang letaknya di daerah pegunungan menjadi kendala terbesar dalam program PTSL.
“Jika lahan masuk dalam kawasan, maka dilakukan penundaan sampai status tanah ini jelas apakah masuk HPL, HPT dan HL, Sehingga dalam waktu dekat ini pihak BPN akan mensosialisasikan program PTSL,” jelasnya.

La Ariki berharap Pemdes dan masyarakat untuk proaktif dalam mensukseskan program nasional PTSL dan bisa lebih paham mekanisme yang harus di lalui saat tanahnya ingin dibuatkan sertifikat. (cr11/aha)

To Top