35 Desa Persiapan di Muna Akan Dimekarkan – Berita Kota Kendari Online
Aktualita

35 Desa Persiapan di Muna Akan Dimekarkan

RAHA, BKK – Jika tidak ada aral, tahun 2018 ini ada 35 desa yang diverifikasi untuk menjadi desa deifinitif. Selama ini ke 35 desa ini masih berstatus desa persiapan dan tahun ini akan dimekarkan. Saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna sedang membentuk tim verifikasi 35 desa yang akan dimekarkan itu.

“Kita akan bentuk tim terpadu yang terdiri dari Bappeda, BKAD, DPMD dan Bagian Hukum Setda Muna. Untuk menjadi desa definitif itu ada 4 indikatornya yaitu minimal memiliki 400 kepala keluarga atau 2000 jiwa jumlah penduduk. Kemudian desa itu telah mempunyai fasilitas yang memadai seperti rumah ibadah, sekolah dan pasar,” kata Sekretaris DPMD Muna, Rustam pada koran ini, Senin (22/1).

Selain 4 faktor diatas, desa yang akan dimekarkan iru kata Rustam memang memiliki kesulitan dalam berurusan di pemerintah desa karena letak giografis. Maka desa itu layak untuk dimekarkan. Karena tujuan pemekaran salah satunya adalah untuk memudahkan peyalanan terhadap masyarakat.

“Aspek aspek inilah yang akan tim perhatikan dalam verifikasi nanti. Jika ada desa yang belum memenuhi aspek aspek diatas, maka kami akan tangguhkan pemekarannya dan akan dilebur ke desa induk. Terkait kepastian kapan 35 desa ini akan dimekarkan menjadi defimitif, hasilnya akan diumumkan September 2018,” pungkas Rustam. (r1/lex)

To Top