Headline

Semua Cagub dan Cawagub Disimpulkan Sehat

KPU Sultra menggelar pleno penelitian dokumen administrasi syarat pencalonan, dan syarat calon gubernur dan wakil gubernur, di Aula Husni Kamil Manik, rabu (17/1). (FOTO:KASMAN/BERITA KOTA KENDARI)

KENDARI, BKK – Tiga bakal pasangan alon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan sehat.

Kesimpulan ini disampaikan dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Rabu (17/1).

“Kesehatan semua calon memenuhi syarat,” ujar Ketua KPU Sultra Hidayatullah saat ditemui usai memimpin rapat pleno penelitian dokumen administrasi syarat pencalonan, dan syarat calon gubernur dan wakil gubernur.

Dayat sapaan beken Hidayatullah menuturkan, hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh para calon dilakukan tim dokter Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas. Dan, diserahkan pada Selasa (16/1) malam hari.

Menurutnya, hasil pemeriksaan kesehatan para pasangan calon tidak bisa diumumkan ke publik karena merupakan dokumen rahasia. Hal itu, sebut dia, sesua dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Sebelumnya, bakal pasangan calon gubernur Asrun-Hugua, Ali Mazi-Lukman Abunawas, dan Rusda Mahmud-LM Sjafei Kahar, telah menuntaskan pemeriksaan kesehatan menyeluruh, baik jasmani, rohani maupun bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Para bakal pasangan mengukiti tes urine di Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra. Selanjutnya, menjalani pemeriksaan jasmani di RSUP Bahteramas.

Dan, terakhir pemeriksaan psikologi yang dilaksanakan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Wilayah Sultra.

BNNP dan Himspi berada dalam koordinasi tim diketr RSUP Bahteramas, sebagai satu-satunya rumah sakit yang memenuhi syarat menlaksanakan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. (man)

To Top