Talud Destinasi Wisata Busel Telan Anggaran Rp 1,6 M – Berita Kota Kendari Online
Aktualita

Talud Destinasi Wisata Busel Telan Anggaran Rp 1,6 M

Pemda Busel sedang mengembangkan permandian Kabura burana sebagai obyek wisata andalan.

BATAUGA, BKK – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Buton Selatan (Busel) bakal membangun talud di lokasi destinasi wisata Kabura burana. Rencananya Pembangunan Talud atau yang dikenal sebagai dinding penahan tanah ini dikerjakan pada maret mendatang.

Rencananya talud dengan Lebar 250 meter dan tinggi 4 meter ini rupanya akan menghabiskan dana sebesar Rp 1,6 miliar. Hal ini diakui Kepala Dinas parawisata, LM Muslimin, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/1).

“Iyah benar. Pembangunan parawisata tahun ini, kami fokuskan pada pekerjaan talud di destinasi wisata Kabura-burana. Ini akan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1,6 miliar,” ungkapnya.

Dikatakan, pekerjaan talud yang menggunakan anggaran tidak sedikit ini dianggap penting, mengingat talud tersebut dapat mencegah ancaman timbulnya bencana seperti longsor.

“Kita ketahui, di samping destinasi wisata itu tebingnya luar biasa dan ini mengancam keselamatan wisatawan apabila terjadi longsor, kita upayakan setidaknya seluruh pengunjung bisa nyaman,” tambahnya.

Orang nomor satu di Dinas Parawisata Busel ini mengaku tidak bisa menjelaskan desain talud tersebut sehingga menelan anggaran yang tidak sedikit. Hanya saja, menurutnya, hitungan tersebut sudah sesuai dengan konsultan perencanaan.

“Memang secara sepintas kita berpikir pekerjaan talud ini sangat besar menelan anggaran, tapi yang bisa menjelaskan itu adalah konsiltan perencanaannya,” jelasnya.

“Ini juga merupakan arahan dari Bupati Buton selatan, Agus Faisal Hidayat agar dana yang tidak sedikit ini dikosentrasikan pada kelanjutan penataan Kabura-burana, itu demi menambah kunjungan wisatawan di daerah Buton bagian selatan ini,” tandasnya.

Obyek wisata permandian Kabura burana berlokasi di Desa Lawela Kecamatan Batauga menjadi salah obyek wisata yang sering dikunjungi warga.

Saat ini Pemda Busel sedang fokus menjadikan Kabura burana menjadi obyek wisata yang memadai dalam ketersediaan sarana dan prasarananya. (k1/lex)

To Top