Agusdin Resmi Pimpin DPRD Kolut – Berita Kota Kendari Online
Aktualita

Agusdin Resmi Pimpin DPRD Kolut

Luis/Berita Kota Kendari
Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kolaka, Endi Nur Cahayo Saputro saat mengambil sumpah jabatan, Agusdin SKom sebagai Ketua PAW DPRD Kolut TAhun 2014-2019 di gedung DPRD Kolut, Senin (15/1).

LASUSUA, BKK – Posisi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka Utara (Kolut) akhirnya resmi dijabat Agusdin SKom, Senin (15/1). Sebelumnya kursi Ketua DPRD Kolut mengalami kekosongan sepeninggalnya almarhum H Musakkir Sarira SSos.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kolaka, Endi Nur Cahayo Saputro mengambil sumpah Agusdin dalam suatu rapat paripurna istimewa DPRD Kolut yang berlangsung di gedung DPRD Kolut.

Dalam kesempatan itu juga dilantik Aripuddin sebagai anggota DPRD Kolut, merupakan penggantian antar waktu (PAW) dari almarhum H Musakkir Sarira.

Bupati Kolaka Utara, H Nur Rahman Umar dalam sambutanya mengungkapkan pelantikan ketua ini merupakan momentum yang ditunggu. Sebab tanpa pimpinan DPRD dan seluruh kelengkapanya maka segala proses regulasi yang akan dilakukan mengalami stagnasi.

“Kelengkapan DPRD ini sangat penting. Sebab mungkin ada kebutuhan regulasi yang mendesak maka keberdaan Ketua dan kelengkapanya sangat penting untuk memutuskan sebuah keputusan,” kata Nur Rahman.

Selain itu, kata dia, berdasarkan undang-undang keberdaan DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah melalui tanggungjawab menjalankan 3 fungsi yakni legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan.

“Keberdaan DPRD diharapkan mampu mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan swasta melalui program kemitraan dan pembagunan yang bermuara pada peningkatan kesejateraan masyarakat,” katanya.

“Kontrol legislatif juga kami sangat harapkan, agar pelaksanaan pembagunan dapat berjalan sesuai dengan harapan dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan masyarakat,” tambah Nur Rahman.

Usai diambil sumpahnya, Ketua DPRD Kolut, Agusdin mengatakan disisa masa jabatan sebagai anggota legislatif akan mendukung penuh program Pemda ekonomi kerakyatan melalui revitalisasi kakao.

“Dimasa kampaye 4 tahun yang lalu ketika akan maju sebgaia calon anggota legislatif, dihadapan masyarakat saya selalu mengungkapkan Kolut ini di kenal dengan lahan perkebunan dan pertanian yang subur. Kakao merupakan salah satu komoditi perkebunan dimasa jaya membuat banyak orang Kolut kaya raya,” ujar Agusdin.

Menurut Agusdin, program revitalisasi kakao akan membawah kesejateraan pada masyarakat. Sehingga semua elemen harus mendukung program revitalisasi kakao ini demi untuk mewujutkan Kabupaten Kolaka Utara yang maju dan madani di Sultra.

Di organisasi politik, Agusdin menjabat sebagai Sekertaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Kolut.
Acara pelantikan dihadiri Bupati Kolut, mantan Bupati, Kapolres dan unsur Muspida. (cr11/lex)

To Top