Lingkar Sultra

Wabup Busel Merasa Serba Salah

BATAUGA, BKK- Pemerintah Kabupaten Buton Selatan masih menghadapi masalah rendahnya kedisiplinan PNS-nya.

Hampir sepekan ini, Kantor Bupati Busel maupun kantor-kantor pemerintahan lainnya masih sering terlihat sunyi. Bahkan sampai saat ini, banyak PNS sering pulang sebelum pukul 16.00.

Wakil Bupati Busel, Laode Arusani pun mengaku serba salah. Dia bingung harus bertindak apalagi untuk menghentikan kebiasaan buruk sebagian besar oknum PNS malas tersebut. Masalahnya, kata dia, para pegawai selalu beralibi tempat tinggalnya jauh. Rata-rata di luar daerah Busel.

“Yang jadi masalah kalau kita berikan sanksi saat ini, pegawai masih banyak beralibi tidak punya tempat tinggal di sini. Mereka mau kos, namun tidak cukup uang,” ungkapnya.

Salah satu upaya untuk mendorong kedisiplinan PNS adalah dengan menerapkan absen digital. Tetapi sayangnya, program tersebut rupanya belum dianggarkan pada APBD 2018.

“Memang absen manual yang saat ini kita gunakan rawan sekali dimanipulasi, sehingga absen digital itu saya kira sangat efektif. Mungkin perubahan nanti kami akan anggarkan,” tambahnya.

Arusani menambahkan, sejauh ini pihaknya berupaya terus menghimbau seluruh pegawai di Busel untuk selalu mengedepankan kedisiplinan, utamanya ketika masuk dan pulang harus tepat waktu. Fenomena tidak disiplinnya pegawai Busel ini seringkali jadi sorotan masyarakat lantaran berpengaruh pada pelayanan. (k1/aha)

To Top