Tolak Kepsek Baru, Siswa SMPN 2 Batauga Mogok Belajar – Berita Kota Kendari Online
Pendidikan

Tolak Kepsek Baru, Siswa SMPN 2 Batauga Mogok Belajar

BATAUGA, BKK- Siswa SMPN 2 Batauga Kabupaten Buton Selatan (Busel) mogok belajar, Kamis (11/1). Aksi tersebut dilakukan dalam rangka menolak keberadaan kepala sekolah (kepsek) baru, H Yunus.

Hadirnya Kepsek baru ini menjadi kekhawatiran beberapa siswa, sebab sebelumnya Yunus juga pernah menjabat di SMPN 2 Batauga namun dinilai tidak mampu memimpin sekolahnya untuk lebih baik.

Penolakan terhadap kepsek barunya itu bukan pertama kali terjadi di sekolah ini. sebelumnya, mereka sempat menggelar aksi unjuk rasa dengan mencoret dinding sekolah.

Menyikapi hal itu Ketua Dewan Pendidikan Busel La Ode Hasmin Ilimi mengaku menyayangkan kejadian mogok belajar tersebut. Menurutnya, aksi seperti itu tidak mencerminkan nilai kependidikan dan tidak perlu terjadi.

“Ini justeru merugikan siswanya sendiri. Proses belajar mengajar yang terhambat akan merendahkan kualitas SDM-nya juga,” jelas Hasmin.

Dikatakannya, para siswa seharusnya lebih mengutamakan langkah persuasif dengan menggelar rapat bersama komite yang kemudian hasilnya diteruskan ke Bupati Busel agar mendapatkan pertimbangan dan pencerahan.

Dalam maslah ini, lanjutnya, komite sekolah harus secepatnya menggelar musyawarah, sehingga tidak menimbulkan perpecahan yang dapat merugikan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah ini.

“Saya berharap jika ini memungkinkan sebaiknya (kepsek baru) ditinjau ulang dengan diganti dengan figur yang lebih baik lagi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sesuai dengan golongan dan pangkatnya sehingga siswanya bisa belajar dengan nyaman,” tandasnya. (k1/nur)

To Top