Headline

Tes Urine Balon Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Tuntas

AMAN dan RM-SK telah menjalani pemeriksaan urine di BNNP Sultra. (FOTO:KASMAN/BKK)

KENDARI, BKK – Dua bakal pasangan calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi-Lukman Abunawas dan Rusda Mahmud-LM Sjafei Kahar telah menuntaskan pemeriksaan urine, Kamis (11/1).

Dengan demikian, semua bakal pasangan calon gubernur telah mengikuti uji bebas dari penyalahgubnaan narkotika.

Sebab, Asru-Hugua menjadi pasangan pertama yang lebih dulu menyerahkan urine ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra, Selasa (9/1).

Hal itu pula diikuti, seluruha bakal pasangan calon tiga daerah yang menggelar pilkada, yakni Kota Baubau, Kabupaten Kolaka, dan Konawe.

Pantauan jurnalis koran ini, Pasangan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar (RM-SK) datang lebih awal dibanding dengan pasangan Ali Mazi Lukman (AMAN).

Setelah sekira 15 menit menjalani proses pengambilan urine, SK-RM terlihat meninggalkan kantor BNNP sekira pukul 10.53 Wita.

Sementara, pasangan AMAN meninggalkan kantor BNNP sekira pukul 13.00 Wita. Lukman sebenranya lebih duluan tiba dan mengikuti proses tes urine.

Ali Mazi yang datang sekira pukul 11.46 Wita, Lukman telah selesai mengikuti rangkaian tes. Namun, Lukman tetap menunggu Ali Mazi untuk pulang secara bersamaan.

Hal demikian juga terjadi pada pasanga RM-SK. Sjafei yang duluan mengelesaikan rangkain tes, juga tetap menunggu Rusda untuk bertolak bersamaan dari kantor BNNP.

Banyaknya para pasangan bakal calon yang memilih menyelesaikan tes urine pada hari teakhir, membuat para kandidat pemimpin daerah mengantre.

Ditemui usai mengikuti tes urine, Ali Mazi mengaku, sangat optimis lolos dari pengaruh narkotika.

“Tadi itu hanya urine yang diambil. Sebenarnya kalau saya, darah dan rambut pun juga boleh, karena kita ini tidak pernah terlibat dengan yang begituan (narkotika, red),” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Rusda, dirinya yakin lolos tahap urine. Karena dirinya saat ini sehat-sehat saja.

“Saya yakin lolos, saya ini sehat-sehat saja. Hanya kencing saya tadi sedikit kuning,” katanya. (man)

To Top