Suksesi

Pendaftaran Pilkada Serentak di Sultra Kondusif

Dirsabhara KBP Budi Wasano (tengah) bersama Kabidhumas AKBP Sunarto, dan Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi SIK, memberikan keterangan pers mengenai kondisi kemanan saat tahapan pendaftaran pilkada serentak di Sultra. (FOTO:KASMAN/BKK)

KENDARI, BKK – Tahapan pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) berjalan kondusif.

“Tahapan pendaftaran sudah selesai, sudah ditutup KPU (Komisi Pemilihan Umum). Dan Alhamdulillah semua kondusif,” ujar Direktur Sabhara (Dirsabhara) Kepolisian Daerah (Polda) Sultra Komisaris Besar Polisi (KBP) Budi Wasono, Kamis (11/1).

Rangkaian tahapan yang berjalan baik tersebut, kata dia, tak lepas dari kerjasama antara kepolisian dan TNI, serta instansi terkait dan masyarakat.

“Sampai saat ini belum ada yang masuk laporan konflik antar pendukung. Situasi berjalan kondusif dan damai di Sultra,” ungkapnya.

Budi mengaku, kini pihaknya sedang melakukan koordinasi untuk pengamanan tes psikologi pada salah satu hotel ternama di Kota Kendari.

“Tahapan ini juga akan dilakukan pengamanan. Personel yang akan diturunkan 50 orang, dan kami menyiapkan kekuatan tambahan jika terjadi di luar prediksi,” kata perwira polisi dengan tiga melati di pundak ini.

Budi juga mengingatkan kepada simpatisan dan pendukung bakal pasangan calon, baik gubernur, bupati, dan wali kota, untuk tidak melakukan aksi profokatif melalui media sosial.

“Untuk mengawasi pelanggaran dan profokatif melalui media sosial, kita sudah bentuk tim cyber pilkada. Kita akan tindak tegas yang melakukan aksi kampanye hitam dan atau aksi profokatif di medi sosial,” tegasnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, setelah penetapan calon oleh KPU Sultra, pihaknya akan melakukan pengawalan melekat kepada setiap calon yang akan dikawal dua anggota polisi. (man/nur)

To Top