Lingkar Sultra

Konkep Pastikan Rekrut CPNS

Umar, S.Pd (Husain/BKK)

LANGARA, BKK – Kabar gembira untuk para peminat pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD). Ada informasi bahwa bebarapa Daerah Otonomi Baru (DOB), termasuk Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), akan melakukan perekrutan calon abdi negara tersebut.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Umar membenarkan akan ada perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) tahun ini di Konkep. “Saya sekarang ada di Jakarta dan sudah menanyakan langsung tentang penerimaan CPNS. Tahun ini, secara nasional akan ada penerimaan dan diutamakan guru serta tenaga kesehatan,” katanya saat dihubungi viaponsel, Kamis (11/1).

Menurutnya, sudah dipastikan ada penerimaan besar-besaran CPNSD tahun ini. Tetapi belum dipastikan bulan berapa pelaksanaanya, karena pengisian aplikasi e-formasi seluruh Indonesia belum dirampungkan.

“Belum dipastikan bulannya, karena belum selesai pengisian e-formasi seluruh Indonesia, termasuk Konkep, jadi Menpan-RB menangguhkan rencana tersebut,” katanya.

Perampungan daftar isian e-Formasi tersebut juga mempengaruhi penetapan jumlah formasi dan jurusan yang bakal diterima tahun ini di masing-masing kabupaten kota se-Indonesia, termasuk Konkep. “Kita sudah menanyakan soal kuota kepada kepala bidang pengadaan di Menpan-RB. Katanya kuota itu tergantung dari jumlah pegawai yang sudah pensiun. Termasuk kesiapan dana belanja pegawai masing-masing daerah,” jelasnya.

Dia mencontohkan, misalnya Pemkab Konkep menyiapkan anggaran penggajian Rp 5 miliar untuk belanja pegawai, berarti kuota hanya sekitar 50 orang. “Begitu yang dijelaskan Kabid Pengadaan KemenPAN-RB. Katanya itu berdasarkan petunjuk Kemenkeu. Tapi kita masih punya peluang itu, karena belanja pegawai kita sedikit,” tandasnya. (cr9)

To Top