Dishut Sultra Didemo dan Dilaporkan ke Kejati Sultra – Berita Kota Kendari Online
Beranda

Dishut Sultra Didemo dan Dilaporkan ke Kejati Sultra

Massa aksi berunjuk rasa di Dishut Sultra. (NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK- Dinas Kehutanan (Dishut) Sulawesi Tenggara (Sultra) didemo warga masyarakat, Kamis (11/1), berkait operasi yang melibatkan Kesatuan Pengamanan Hutan Produksi (KPHP) Unit XIX BMW Sejuk Konut di Desa Waturambaha Kecamatan Lasolo Kepulauan, belum lama ini.

Selain berunjuk di Dishut Sultra, demonstran juga melaporkan kasus ini ke Kejaksaan Tingi (Kejati) Sultra.

Koordinator aksi, Aksaruddin mengatakan, pihaknya mendesak Dishut Sultra agar membuka kepada publik hasil operasi serta barang bukti yang telah disita (segel).

“Jika itu tidak dilakukan, patut diduga ada kongkalikong antara PT Sultra Jembatan Mas (SJM) dan Dishut Sultra,” koarnya.

“Tentu kami tidak akan diam terhadap persoalan ini, olehnya itu kami akan membentuk tim investigasi untuk menelusuri kinerja tim KPHP,” katanya.

Tim investigasi tersebut, jelas dia, dibentuk untuk memastikan PT SJM benar-benar tidak beroperasi lagi.

“Karena perusahaan tersebut dengan terang-terang melakukan eksplorasi di kawasan hutan lindung yang menjadi pengawasan langsung Dishut Sultra,” ungkapnya.

Menurut dia, hal itu melanggar perundangan-undangan di bidang pertambangan, perkebunan, dan Kehutanan, yakni Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

Di lain pihak, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Hutan Dishut Sultra Yasir Syam mengatakan, hasil temuan yang didapatkan tim gabungan sedang dalam tahap penyelidikan dan itu akan dilanjutkan ke tahap penyidikan.

“Olehnya itu saya meminta kepada massa jangan khawatir, karena kasus ini telah ditangani oleh tim penegakan hukum (gakum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), bahkan kami sudah serahkan hasil operasi tersebut,” ujarnya.

Berdasarkan pantuan yang dilakukan wartawan koran ini, massa aksi melanjutkan aksinya di Kejati Sultra.
Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Sultra Janes Mamangkey mengatakan, pihaknya akan mempelajari laporan tersebut.

“Kami akan pelajari isi suratnya, selain itu kami juga akan memastikan apakah kasus tersebut termasuk kewenangan kami atau bukan,” terangnya. (cr6/iis)

To Top