Bulog Siap Beli Jagung Petani Rp 3.150 per Kilogram – Berita Kota Kendari Online
Beranda

Bulog Siap Beli Jagung Petani Rp 3.150 per Kilogram

Ilustrasi.

KENDARI, BKK – Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membeli jagung petani dengan harga Rp 3.150 per kilogram (kg) dengan kadar air 14 persen, untuk mengamankan harga komoditas pangan tersebut saat panen raya.

Kepala Bulog Divre Sultra La Ode Amijaya Kamaluddin menyebut, Kamis (11/1), kebijakan ini sebagai bentuk komitmen dan keseriusan dalam mendukung pengembangan tanaman jagung di daerah ini.

Dalam dekat, lanjut dia, pihaknya akan mulai menyerap jagung hasil panen petani sebesar 100 ton.

”Dengan jumlah yang cukup besar, kami akan mempersiapkan banyak hal, seperti menyediakan tim dan gudang untuk penyimpangan jagung tersebut,” jelasnya.

Amijaya mengimbau seluruh petani jagung di Sultra, kalau ada pengusaha lain yang akan membeli jagungnya dengan harga di atas dari yang ditetapkan Bulog, maka petani bisa saja menjualnya demi meningkatkan kesejahteraan.

”Tapi, kalau tidak ada yang siap membeli maka Bulog yang akan siap membeli jagung petani agar pasar hasil panen petani tidak terputus dan selalu tersedia,” imbuhnya.

Diketahui, sentra produksi jagung di Sultra antara lain Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Konawe, Kolaka Timur (Koltim), Bombana, dan Muna, sementara daerah yang baru masuk musim panen yaitu Koltim dan Konsel. (m2/iis)

To Top