Lingkar Sultra

BLK Konsel Buka Pelatihan Keterampilan Gratis

SEJUMLAH warga perempuan mengikuti kursus menjahit yang diadakan Balai Pelatihan Kerja Konawe Selatan, belum lama ini.

ANDOOLO, BKK- Balai Latihan Kerja (BLK) Konawe Selatan kembali membuka pelatihan keterampilan gratis untuk masyarakat yang ingin mengembangkan potensi diri, dengan syarat yang cukup mudah. Pendaftaran akan dibuka sepanjang Januari ini.

Sementara seleksi berkas dilakukan pada 5 Februari, selanjutnya berturut-turut tes tertulis 12 Februari, tes wawancara 19 Februari, pengumuman dan pendaftaran ulang 26 Februari – 2 Maret 2018 dan pelaksanaan pelatihan 5 Maret – 13 April 2018. Pelaksana sementara Kepala BLK Konsel, Hadjar Gunawan menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi warga yang berminat sangat mudah.

“Hanya mengisi formulir yang disediakan BLK, fotokopi ijazah terakhir, KTP, pas foto ukuran 3×4 dan 2×3 warna,” rincinya.

Adapun pelatihan yang dibuka, diantaranya meubeler (cara membuat lemari, meja dan kursi dari kayu), menjahit busana (membuat pakaian jadi pria/wanita), mesin produksi konvensional (membuat alat bantu kerja seperti alat pemipil jagung), dan pelatihan administrasi perkantoran (belajar komputer dasar dan surat-menyurat).

Pelatihan ini akan dikawal dan dilatih oleh tenaga instruktur yang profesional. Untuk instruktur bidang administrasi kantor oleh Muhammad Irto Taridala, ST dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Cevest Bekasi, Instruktur Mesin produksi konvensional oleh Herry Riauwan Renggaala, S Sos dari BBPLK Bandung, Instruktur Menjahit oleh Muhammad Ekson S Sos dari BBPLK Semarang, dan Instruktur Meubeler oleh Muhammad Mujianto S Sos dari BBPLK Semarang.

Hadjar yang juga menjabat sebagai Sekdis Dinas Transmigrasi Konsel ini mrnambahkan, kegiatan tersebut sebagai sekaligus untuk menunjukkan bahwa BLK Konsel masih eksis dan bekerja optimal. “Kami berharap alumni BLK Konsel bisa memiliki keterampilan andalan yang mampu bersaing dan bisa diterapkan di daerah masing-masing,” ujarnya. (cr13/aha)

To Top