Headline

Rusda-Sjafei Diawali Shalat Duha, AMAN Diantar Seribuan Relawan

Rusda Mahmud – Sjafei Kahar

Rusda Mahmud – Sjafei Kahar
– Diusung Parpol PD, PPP, dan PKB (9 kursi atau 20 %
– Akan mendaftar di KPU pukul 09.00 Wita
– Berangkat dari Posko utama di Kompleks Citraland Kendari
– Diawali shalat Duha dan doa bersama
– Tidak mengerahkan massa

Ali Mazi – Lukman (AMAN)
– Disung dua parpol; Golkar dan Nasdem (10 kursi atau 22,2 %)
– Akan mendaftar ke KPU pukul 10.00 Wita
– Berangkat dari posko induk di Hotel Plasa Kubra
– Didampingi relawan dan simpatisan sekitar 1.000 simpatisan

KENDARI, BKK – Dua pasangan bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi-Lukman Abunawas dan Rusda Mahmud- LM Sjafei Kahar secara bersamaan akan mendaftar hari ini, Rabu (10/1).

Namun waktu pedaftaran kedua paslon ini akan berbeda jam. Rusda-Sjafei rencananya akan mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra sekira pukul 09.00 Wita, dan akan dilanjutkan dengan deklarasi. Sementara, Ali Mazi Lukman (AMAN) akan mendaftar pukul 11.00 Wita.

Menurut Sekretaris Pemenangan AMAN, H Abidin Ramli, sebenarnya mereka mengkofrimasi ke KPU untuk mendaftar pada pukul 10.00 Wita. Namun mereka menyesuaikan waktu yang digunakan proses pendaftaran paslon Rusda- Sjafei.

Paslon Rusda-Sjafei akan terlebih dulu melakukan salaj dhuha berjamaah. Kemudian akan melakukan pendaftran ke KPU sekira pukul 10.00 Wita. Dan, akan dilanjutkan dengan deklarasi.

Baik pasangan Rusda-Sjafei maupun AMAN, sama-sama tidak akan mengerahkan massa dalam melakukan pendaftaran. Kedua paslon ini, sama-sama star dari pos komando (posko) pemenangan masing-masing.

Posko Rusda-Sjafei berada di Perumahan Citra Land Kendari. Sedang, posko AMAN beralamat di Jalan Malik Raya Kota Kendari.

“Kami mendaftar jam 10.00. Kami star dari posko sini (Citra Land, red),” ujar Rusda saat ditemui di sela-sela berbincang dengan relawan dan simpatisannya di Citra Land, Selasa (9/1).

Mantan Bupati Kolaka Utara (Kolut) dua periode ini mengaku, sebelum melakukan mendaftar, akan melaksanakan Salat Duha dan doa bersama relawan dan simpatisan Rusda-Sjafei.

“Jadi, kami tidak mengundang untuk ikut bersama-sama, tapi bagi yang ikhlas silakan datang. Jadi prosesinya hanya berdoa bersama,” ungkapnya.

Rusda menambahkan, deklarasi sengaja dilakukan di posko. Sebab, menurut dia, deklarsi tidak harus dimeriahkan artis dan hura-hura.

Bagi Rusda-Sjafei, deklarasi hanya bentuk pernyataan kesiapan balon. Dan, deklarasi akan dihadiri perwakilan masing-masing pengurus DPP partai pengusung, yakni Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sayang, Rusda mengaku, belum mengetahui pasti nama perwakilan masing-masing pengurus DPP partai pengusung yang akan hadir tersebut.

“Karena itu domain dari ketum masing-masing partai pengusung itu sendiri yang menunjuk. Tapi masing-masing perwakilan dari DPP partai pengusung akan membawa madat,” tuntasnya.

Di tempat terpisah, Ali Mazi mengatakan, tidak ada pengarahan massa dari AMAN. Namun, jikan ada simpatisan yang hadir dipersilakan.

“Pengerahan massa tergantung mereka (simpatisan, red), kan tujuan kita hanya mendaftar. Kalau soal pengerahan massa itu kan nanti pada saat kampanye, itu suah ada mekanisme partai pengusung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ali Mazi menuturkan, Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) selaku partai pengusung, serta Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai pendukung, sudah punya mekanisme sendiri dalam menghadapi kampanye.

“Tentu kami harus melakukan konsolidasi secara bersama-sama, untuk memenangkan pertarungan ini,” pungkasnya.

Sekretaris Tim Pemenangan AMAN, Abidin Ramli menambahkan, soal keikutsertaan relawan, agak sulit menghindari, karena mereka semangat untuk hadir dan mengantar pasangan idolanya itu ke KPU.

Menurut Abidin, saat ini saja sudah lebih dari 1000 orang yang menyatakan diri akan ikut bergabung mengantar AMAN ke KPU.

“Kita akan start dari Posko di Jalan Syekh Yusuf, lalu ke KPU,” kata Abidin.

Meski dijadwalkan jam 10.00 Wita, pihaknya tentu akan menyesuaikan dengan situasi di KPU jika memang masih ada pasangan lain yang sedang melakukan pendaftaran, agar tidak tergesa berangkat dan menunggu di KPU.

Terkait partai politik pengusung yakni Nasdem dan Golkar, Abidin mengaku sudah dilakukan koordinasi. Ketua DPW Nasdem, Tony Herbiansyah dan Sekretarisnya, Ikhsanuddin Saafi dipastikan mendaftarkan AMAN.

Sedangkan Golkar, sesuai rapat koordinasi Selasa (9/1) sore, Ketua DPD Golkar Sultra Ridwan Bae bersama sekretaris Muh Basri dan sejumlah pengurus dijadwalkan akan ikut mendampingi pendaftaran AMAN.(man/lex)

To Top