Mendaftar di KPU, Dua Bapaslon Kada Pilwali Baubau Dinyatakan Memenuhi Syarat – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

Mendaftar di KPU, Dua Bapaslon Kada Pilwali Baubau Dinyatakan Memenuhi Syarat

Roslina Rahim saat nenandatangani daftar hadir ketika mendaftar di KPU Baubau, Selasa (9/1). Foto: Adnan/BKK

H Yusran Fahim dan Ahmad Arfa ketika mendatangani daftar hadir di KPU Baubau

BAUBAU, BKK – Dua bakal pasangan calon (bapaslon) kepala daerah (kada) di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Baubau resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Selasa (9/1). Kedua pasangan tersebut yakni Yusran Fahim – Ahmad Arfa (HYF-Ahmad) dan Roslina Rahim – La Ode Yasomn (RossY).

Mendaftar di hari yang sama, HYF-Ahmad datang lebih awal di kantor KPU pukul 12.30 WITA. Pasangan ini diantar masing-masing pengurus partai politik (parpol) pengusungnya yang terdiri Partai Demokrat , Partai Keadilan Bangsa (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

HYF-Ahmad juga terlihat didampingi Mantan Wali Kota Baubau dua periode yang juga anggota DPR RI, Amirul Tamim.

Ketua Tim Pemenang HYF-Ahmad, Abdul Wahid mengatakan, dokumen yang dibawa saat pendaftaran tersebut sudah sejak lama disiapkan setelah berkonsultasi dengan KPU Baubau.

“Kita bersyukur, karena memang sejak jauh hari kita sudah siapkan dokumen itu,” kata Abdul Wahid.

Yusran Fahim yang diwawancarai usai mendaftar mengatakan, niatnya maju menjadi calon wali kota berpasangan dengan Ahmad Arfa karena melihat kondisi ekonomi Baubau yang tidak baik lagi.Bekerja lebih baik yang menjadi moto pasangan ini pun menjadi janji dan akan diwujudkan saat diamanahkan menjadi kepala daerah nanti.

Usai proses pendaftaran HYF-Ahmad, pasangan RossY juga tiba di KPU Baubau pukul 15.40 WITA setelah menggelar deklarasi di Lapangan Lembah Hijau. Pasangan ini juga didampingi ketua dari dua parpol pengusungnya yakni Yuman Nahmuddin selaku Ketua DPC Partai Hanura dan Feto Daud yang merupakan Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pendaftaran RossY tersebut, juga dikuti ribuan pendukungnya yang memenuhi jalan Dayanu Ikhsanuddin hingga kepolisian mengalihkan arus lalu lintas di depan kantor KPU Baubau itu.

Setelah mendaftar, Roslina Rahim menegaskan bahwa isu-isu miring yang menyatakan ia dan pasangannya tidak akan lolos pendaftaran terjawab sudah. Saat ini dirinya telah masuk dalam arena dan siap bertarung memperebutkan kursi kepala daerah di Kota Baubau.

“Alhamdulillah ini artinya kami diusung dan kami siap,” papar Roslina.

Ditemui usai menerima pendaftaran dua bapaslon itu, Ketua KPU Baubau Dian Angraini mengungkapkan, dokumen syarat pencalonan dan syarat calon kedua pasangan tersebut dinyatakan lengkap dan diterima.

“Berdasarkan penelitian berkas syarat pencalonan dan syarat calon KPU Baubau menyatakan menerima berkas paslon,” ungkap Dian Angraini.

Pantauan wartawan Berita Kota Kendari (BKK) di Kantor KPU Baubau pada proses pendaftaran di KPU kemarin, pengamanan pintu masuk diperketat. Hanya orang-orang yang memiliki kartu tanda pengenal dari KPU yang diperbolehkan masuk. Beberapa peralatan pengamanan petugas kepolisian juga nampak disiagakan di lokasi pendaftaran itu.

Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam SIk MPA yang ditemui di KPU Baubau menjelaskan, satu SST Personil Polres Baubau disiapkan, dibantu TNI, dan unsur pengamanan lainnya. Total 200 personil pengamanan berjaga di luar dan dalam kantor KPU Baubau.

“Kami juga memasang CCTV di beberapa titik di sana yang terhubung langsung ke ponsel pejabat operasi, posko penjagaan, termasuk para komisioner KPU Baubau secara live,” katanya. (Cr7/nur)

To Top