Diverifikasi KPU, Puluhan Anggota Partai Perindo dan PSI tak Dapat Ditemui – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

Diverifikasi KPU, Puluhan Anggota Partai Perindo dan PSI tak Dapat Ditemui

KENDARI, BKK – Keikutsertaan Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam momentum Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 menjadi tanda tanya.

Berdasarkan hasil verifikasi faktual keanggotaan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Selasa (26/12), setiap alamat anggota partai sesuai dengan salinan yang tertera dalam KTP, masih ada beberapa yang tidak ditemukan.

Ketua KPU Kota Kendari, Ade Suerani mengatakan, untuk PSI dari jumlah sampel sebanyak 46 hasil cuplik (penarikan sampel acak sederhana), sebanyak 31 orang tidak dapat ditemui. Sementara untuk Partai Perindo dari sampel 51 orang ada 24 orang yang tidak dapat ditemui.

“Yang berhasil kita temui, untuk PSI hanya sebanyak 15 orang dan untuk Partai Perindo sebanyak 31 orang,” terang Ade.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil verifikasi tersebut maka partai yang bersangkutan yakni PSI dan Perindo, kembali diberikan waktu untuk menghadirkan anggotanya hingga paling lambat 4 Janurai 2018. Jika tidak memenuhi maka dapat digugurkan.

“Kehadiran anggota dari dua partai yang tidak kami temui hari ini, menjadi syarat wajib bagi partai tersebut untuk lolos verifikasi faktual dan kami tunggu itu hingga batas waktu yang ditetapkan,” jelasnya.

Untuk Partai Perindo sendiri, lanjut dia, dari 24 orang yang tidak ditemui, tiga orang di antaranya telah dihadirkan pengurus di Kantor Perindo. Dari jumlah itu, maka masih ada 21 orang lagi yang perlu dihadirkan.

“Ada tiga orang tapi itu belum cukup sebab jumlah anggota yang tidak kami temui sebanyak 24 orang,” ungkapnya.

Komisioner KPU Kota Kendari, Yasir menambahkan, dari hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Kendari belum dapat disimpulkan berapa jumlah keanggotaan yang memenuhi syarat dan yang tidak memenuhi syarat.

“Kepastiannya baru dapat diketahui setelah proses verifikasi faktual usai dilakukan dan untuk batas menghadirkan para anggota yang tidak ditemui hingga 4 Januari 2018 nanti,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Perindo Kendari, Adrisal Usman mengatakan, pihaknya tetap optimis bisa ikut dalam Pemilu 2019 mendatang. Soal verifikasi faktual keanggotaan, pihaknya akan menghadirkan seluruh anggota yang tidak dapat ditemui sesuai batas waktu yang ditetapkan.

“Sisanya pasti akan kita hadirkan. Hari ini (kemarin, red), mereka tidak dapat ditemui karena lagi sibuk dan kami mengerti itu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam proses verifikasi faktual tersebut, KPU Kota Kendari mendatangi seluruh anggota partai baik PSI dan Perindo yang ikut diawasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat.

Dalam prosesnya sendiri, KPU Kota Kendari membagi tim menjadi dua untuk menverifikasi keanggotaan, pengurus, kantor dan keterwakilan perempuan 30 persen dalam kepengurusan dua partai politik baru itu.(cr5/nur)

To Top