2019, Komposisi Dapil dan Kursi berubah – Berita Kota Kendari Online
Headline

2019, Komposisi Dapil dan Kursi berubah

Data:
Nama Kecamatan                 Dapil 2014         Kursi 2014          Dapil 2019         Kursi 2019
Kendari & Kendari Barat            I                           9                           V                          7
Abeli & Poasia                              II                          6                           I                          6
Baruga & Kambu                        III                         5                          II                          6
Wua wua & Kadia                       IV                          7                         III                         8
Mandonga & Puuwatu                V                          8                          IV                         8
Catatan: hasil simulasi sementara KPU Kota Kendari

KENDARI, BKK – Momentum pemilihan legislatif (pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari di 2019 nanti, sepertinya akan berbeda dari pileg 2014 lalu, baik itu dari wilayah daerah pemilihan (dapil) dan jumlah sebaran kursi tiap dapilnya.

Hal ini, sesuai dengan hasil rapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari bersama perwakilan partai politik peserta pemilu, lembaga swadaya masyarakat dan beberapa perwakilan media di Plaza Inn Hotel Kendari, Sabtu (23/12) lalu.

Ketua Divisi Teknis KPUD Kota Kendari, Hayani Imbu ditemui dalam kegiatan verifikasi faktual Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Selasa (26/12) menuturkan, adanya perubahan dapil dan jumlah sebaran kursi tiap dapil, dikarenakan faktor jumlah penduduk.

“Perubahan ini, bukanlah keputusan sepihak. Melainkan sesuai dengan acuan yang ada, yaitu tertuang pada PKPU Nomor 05 Tahun 2013,” terangnya.

Ia menjelaskan, untuk mengetahui jumlah alokasi kursi per dapil dapat dilakukan dengan membagi jumlah penduduk seluruh kecamatan pada daerah pemilihan dengan bilangan penduduk (BPPd). Kemudian ditambah dengan jumlah alokasi kursi keseluruhan.

“Pada poin ini, jika hasil bagi jumlah penduduk seluruh kecamatan dengan BPPd terdapat angka pecahan, maka mesti dihilangkan sebelum dijumlahkan dengan jumlah alokasi kursi keseluruhan,” jelasnya.

Berdasarkan simulai yang dilakukan, lanjut dia, maka pada Pileg 2019 mendatang di dapil Kendari Barat-Kendari dari 9 kursi menjadi 7 kursi, Baruga-Kambu dari 5 kursi menjadi 6 kursi, Wuawua-Kadia dari 7 kursi menjadi 8 kursi, Abeli-Poasia tetap 6 kursi dan Mandonga-Puwatu tetap 8 kursi.

“Ini baru simulasi dan pemantapannya akan kita lakukan di 5-11 Januari 2018 mendatang,” paparnya.

Pemilik sapaan akrab Teo ini juga menambahkan, wilayah dapil pada pileg 2014 lalu seperti dapil I yaitu Kendari-Kendari Barat, dapil II Abeli Poasia, dapil III Baruga-Kambu, dapil IV Wuawua-Kadia dan Dapil V Mandonga-Puuwatu, kemungkinan berganti di Pileg 2019 mendatang.

Sesuai hasil simulasi, untuk dapil I yaitu Abeli-Poasia, Dapil II Kambu-Baruga, Dapil III Wua-Wua-Kadia, Dapil IV Puuwatu-Mandonga dan Dapil V Kendari Barat-Kendari.

“Untuk penetapan dapil ini akan kita lakukan pada 5-21 Januari 2018 nanti,” tambahnya.

Masih kata dia, untuk penetapan dapil Pileg DPRD Kota Kendari 2019 mendatang cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab kali ini, penetapannya disesuaikan dengan kondisi wilayah dan searah jarum jam.

“Sosialisasi dari penetapan dapil dan jumlah sebaran kursi ini sendiri, akan kita lakukan pada 26 Januari 2018 mendatang,” pungkasnya.(cr5/lex)

To Top