Suksesi

Pertimbangan Beberapa Faktor, Gerindra Belum Putuskan Dukungan

Prof Dr H Eka Suaib

KENDARI, BKK – Arah dukungan Partai Gerindra untuk Pemilihan Gubrenur (Pilgub) Sultra hingga kini belum jelas. Dua bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yakni Rusda-Sjafei dan Asrun-Hugua yang mengklaim dukungan partai besutan Prabowo Subianto itu pun masih gencar melakukan lobi politik.

Pakar Politik UHO Kendari, Prof Dr H Eka Suaib mengakatan, gerindra belum menentukan pilihan karena beberapa faktor. Namun, beberapa faktor yang dimaksud dapat dikerucutkan menjadi dua hal pokok yang paling substansi.

“Ada banyak faktor, tetapi yang paling subtansi menurut saya hanya ada dua, yakni soal arah dukungan partai pada Pilpres 2019 dan posisi pimpinan DPD Gerindra Sultra,” ungakap Prof Eka saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/12).

Ia menjelaskan, arah dukungan partai pada momentum Pilpres 2019 mendatang menjadi hal yang paling subtansi, sebab antara kompetisi Pilkada di daerah dan Pilpres punya keterikatan. Sehingga, menyatunya Partai Gerindra dan PDIP menjadi sulit.

“Di Pilpres nanti, Prabowo mewakili Partai Gerindra sedangkan lawannya yakni Jokowi mewakili PDIP. Dari posisi ini, maka kecil kemungkinan dua partai ini bisa bersama,” jelasnya.

Tetapi hal itu, lanjut dia, kembali lagi pada faktor kedua yakni pimpinan DPD Gerindra Sultra. Jika, pimpinan DPD Gerindra Sultra mampu meyakinkan DPP maka menyatunya dua partai ini berpeluang besar.

“Posisi Ketua DPD Gerindra Sultra, punya andil besar dalam menentukan arah dukungan partai,” paparnya.

Dengan demikian, lanjutnya, yang perlu diketahui secara pasti saat ini adalah siapa pimpinan DPD Partai Gerindra Sultra, sebab opsi yang berkembang terbagi menjadi dua yakni Prof Masihu atau Imran. Dua orang ini, memiliki karakter dan dukungan yang juga berbeda.

“Kalau Ketua DPD Gerindra Sultra Imran maka sudah bisa dipastikan Gerindra akan ke Asrun-Hugua. Tetapi jika Ketuanya Masihu, maka kemungkinan besar pasti ke Rusda-Sjafei,” pungkasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait hal ini, Juru Bicara Rusda-Sjafei, Sukriaman ikut membenarkan. Menurutnya, meski wilayah Sultra tidak memiliki begitu banyak jumlah pemilih dibandingkan dengan wilayah lain pada taraf Pilpres, tetap saja berkoalisinya PDIP dan Gerindra kecil kemungkinan.

“Ini sudah menjadi bahan evaluasi di DPP Gerindra, jadi kami optimis jika partai ini bisa bersama kami di Pilgub Sultra,” tutupnya.(Cr5/nur)

To Top