Lingkar Sultra

Muna Miliki Klinik Mengemudi, Masyarakat Makin Mudah Dapatkan SIM

RAHA, BKK- Kabupaten Muna telah memiliki Raha Safety Driving Center ( RSDC) sebagai klinik mengemudi. Dengan demikian masyarakat setempat tidak harus jauh-jauh lagi ke Kota Baubau atau Kendari untuk mendapatkan sertifikat mengemudi.

Kasat Lantas Polres Muna IPTU Yonathan mengatakan, dengan beroperasinya RSDC ini maka masyarakat di Kabupaten Muna tidak lagi harus membayar lebih untuk mendapatkan sertifikat mengemudi yang merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan surat izin mengemudi (SIM).

“Terbentuklnya RSDC ini atas inisiatif para pemuda tertib lalu lintas yang bekerjasama dengan SSDC Kendari untuk membuka klinik mengemudi di Muna. Hal ini memudahkan masyarakat kita untuk mengurus SIM,” terang Yonathan pada koran ini, Rabu (6/12).

Katanya, dengan adanya klinik itu juga, masyarakat yang mau membayar SIM tinggal melakukan pembayaran administrasi berdasarkan PP No. 60 tahun 2016 tentang tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak ( PNBP).

“PNBP SIM C nilainya Rp 100 ribu, sedangkan SIM A Rp 120 ribu. Kalau masalah tes kesehatan silahkan mengurus di mana saja,” tambah Yonathan.

Di tempat terpisah, Manager RSDC Muna La Ode Agus saat dikonfirmasi mengatakan, klinik memgemudi ini dilengkapi sarana praktek mengemudi.

“Kita memiki 2 unit mobil serta instruktur driver (supir) di sini. Dengan adanya klinik mengemudi ini maka diharapkan akan memudahkan masyarakat kita untuk proses mendapatkan SIM, baik bagi masyarakat Buton Utara dan Muna Barat,” kata La Ode Agus.

Dia juga mengatakan, pihaknya jauh-jauh hari sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Muna yang mendukung hadirnya klinik mengemudi ini.

“Pemda Muna sangat memgapresiasi hadirnya RSDC ini dengan memberikan kita lokasi praktek sekitar arena parkir kolam renang La Ode Pandu,” pungkasnya.

Mengenai tarif praktek mengemudi, masih kata La Ode Agus, untuk katagori SIM A dikenakan tarif Rp 200 ribu dan SIM C Rp 190 ribu. (r1/nur)

To Top