Suksesi

Hadiri Pengukuhan Tim Pendukung Balon Bupati, 3 PPS Disidang

Anggota PPS tengah disidang Komisioner KPU Kolaka, Rabu (6/12). Foto: Armin/BKK

KOLAKA,BKK- Tiga Panitia Penyelenggara Pemilu (PPS) disidang oleh Komisioner KPU Kolaka, Rabu (6/12), setelah sebelumnya dilaporkan pihak Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kedapatan menghadiri acara pengukuhan tim pemenangan salah satu bakal calon (balon) bupati.

“Hari ini (kemarin, red) kita panggil mereka untuk mengklarifikasi laporan Panwaslu. Kita ingin memastikan adanya dugaan pelanggaran,” kata ketua KPU Kolaka Lukman.

Usai disidang, ketua PPS Desa Watu Melewe, Kasman mengakui kalau dirinya memang menghadiri acara dimaksud yang digelar 21 November lalu. Namun akunya, kedatangannya saat itu hanya untuk menghadiri acara pesta panen dan syukuran di Desa Iwoimenda tersebut yang ternyata dirangkaikan dengan pengukuhan tim pemenangan salah satu Balon Bupati Kolaka.

“Saya akui hadir, tapi bukan berarti saya mau dikukuhkan menjadi tim penghubung karena saya tahu saya ini anggota PPS,” aku Kasman.

Hal senada diungkapkan anggota PPS Desa Watu Melewe Samrin yang juga ikut disidang. Dia mengaku tidak tahu kalau acara syukuran dirangkaikan dengan pengukuhan tim pemenangan salah seorang balon bupati, apalagi dirinya diundang untuk hadir sebagai aparat desa.

“Acara awalnya kan pesta panen syukuran, kebetulan memang saya diundang sebagai aparat desa, makanya saya hadiri. Saya juga kaget ada acara pengukuhan, hanya tidak bisa kita hindari lagi karena kita sudah di tempat, terpaksa kita ikuti acara itu, jadi kita tidak bermaksud menjadi tim sukses,” kilah Samrin.

Begitu pun anggota PPS Desa Wonualaku Muh Rusdi mengaku kalau kehadirannya dalam acara itu karena diundang sebagai pembaca doa syukuran. Dikatakannya, selama ini jika ada acara di wilayahnya, ia memang selalu diundang sebagai pembaca doa, sebab dirinya merupakan pegawai penyuluh non PNS Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Iwoimenda.

Karena telah dilaporkan oleh pihak Panwaslu yakni Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Iwoimenda, ketiga PPS ini mengaku pasrah dengan nasib mereka. Apakah pembelaanya itu akan dipercaya atau tidak, semua diserahkan kepada pihak KPU Kolaka. (r3/nur)

To Top