Headline

Dinyatakan TMS, KPU Siap Terima Gugatan WON-Andre

Proses verifikasi dokumen pendaftaran pasangan WON – Andre di Aula HKM KPU Sultra

KENDARI, BKK – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan tanpa pasangan calon dari jalur perseorangan.

Pasalnya, pasangan Wa Ode Nurhayati- Andre Darmawan (WON-Andre) dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dalam verifikasi syarat minimal dukungan dan persebarannya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra Hidayatullah mengatakan, pihaknya telah memplenokan hasil verifikasi dokumen WON-Andre, Selasa (28/11) malam hari.

Hasilnya, syarat minimal dukungannya yang diperoleh WON-Andre hanya 55.844. Untuk bisa dinyatakan memenuhi syarat, harusnya dukungan berjumlah minimal 170.825.

“Semalam (Selasa malam, red) sudah diputuskan tidak memenuhi syarat, terlalu jauh syarat minimal dukungannya hanya 55.844. Kalau untuk persebarannya cukup, lebih malah,” ujar Dayat melalui telepon selulernya, Rabu (29/11).

Selain itu, fotokopi jumlah dukungan untuk model B1-KWK perseorang yang diteken pendukung, hanya 53.767.

Dayat mengungkapkan, pihaknya juga banyak menemukan lembaran dukungan dalam bentuk fotokopi. Sementara, yang dianggap penting itu adalah dukungan asli pemilih berikut kartu tanda penduduk (KTP).

Ditambahkan, beriata acara dan surat keputusan hasil pleno tersebut telah diserahkan kepada pihak WON-Andre pada malam itu juga.

“Jadi kesimpulannya untuk saat ini, tidak ada calon perseorang di Pilgub Sultra. Karena dinyatakan tidak memenuhi syarat,” tegas Dayat.

Diakuinya, bisa akan ada gugatan setelah adanya keputusan ini. Untuk itu, Dayat menyerahkan sepenuhnya kepada pasangan WON-Andre.

Namun, sambung dia, keputusan KPU Sultra itu dapat dipertanggungjawabkan. Apa lagi, dalam proses verifikasi melibatkan semua pihak, baik dari pasangan calon maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra.

“Punya kesempatan untuk melakukan gugatan. Saya kira itu dapat dipertanggungjawabkan, karena terlampau jauh juga itu minimal dukungan hanya 55.844 dari persyaratan 170.825,” pungkas Dayat.

Sementara, Andre Darmawan menuturkan, pihaknya belum mengambil sikap atas keputusan KPU Sultra tersebut. Pasalnya, masih harus dibicarakan bersama dengan semua pihak yang terlibat dalam tim WON-Andre.

“Belum, belum, kita masih bicarakan dulu. Nanti kita sampaikan,” pungkasnya melalui telepon selulernya. (man-cr5/lex)

To Top