Beranda

Siska Adriatma Resmi Pimpin Dekranasda Kota Kendari

Suasana Pelantikan Dekranasda Kota Kendari (YUSRIL/BKK)

KENDARI, BKK – Hj dr Siska Karina Adriatma SKM resmi menakhodai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari.

Ini ditandai dengan adanya pelantikan pengurus yang dilakukan Wakil Ketua Dekranasda Sulawesi Tenggara (Sultra) Hj Itoh Tohariah Saleh Lasata, di Aula Sangia Ni Bandera Rumah Jabatan Gubernur Sultra, Senin (27/11).

Dalam sambutannya, Hj Itoh meminta, pengurus Dekranasda yang telah dilatik, untuk bekerja sekuat tenaga memmbantu Pemerintah Kota Kendari mengembangkan industri kerajinan daerah.

”Kita sudah ketahui, bahwa Dewan Kerajinan Nasional adalah oraganisasi atau wadah berhimpunnya pemangku kepentingan pecinta seni kerajinan di Indonesia, yang memiliki tujuan luhur untuk menggali atau melestarikan, dan mengembangkan warisan budaya bangsa,” kata istri Pelaksan Tugas (Plt) Gubernur Sultra Saleh Lasata ini.

Sehingga, sambung dia, untuk mewujudkan tujuan tersebut, diperlukan inspirasi dan visi bagi pengurus, serta menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah atau mitra lain yang konsen dengan seni kerajinan.

Hj Itoh berharap, Dekranasda perlu melakukan program-program unggulan. Di antaranya, meningkatkan inovasi dan kreaktivitas pengrajin, serta keterampilan di bidang seni kerajian yang merupakan bagian dari budaya bangsa.

Kemudian, mengembangkan industri kerajinan yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kemampuan para pengrajin dibidang pembinaan, teknik, produksi, peningkatan pruduksi desain menajemen usaha, dan membantu mempromosikan priduk-produk yang ada di daerah sendiri.

”Jadi, saya harap kepada Dekranasda Kota Kendari dapat menjalin kerja sama dengan citra tenun Indonesia, dan para desainer untuk mengaembangkan produk kerajinan, khususnya tenun daerah. Karena, saat ini persaingan produk kerajinan antara provinsi semakin cepat perumbuhannya, untuk itu Dekranasda agar bergerak cepat dan berkreasi dan inovatif menciptakan produk yang bernilai ekonomis,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Walikota Kota Kendari Adriatma Dwi Putra berharap, Dekranasda benar-benar memaanfaatkannya untuk kemajuan ekonomi kereatif, dan mempromosikan produk-produk yang ada di daerah itu sendiri.

”Ini lah hakikat dan tugas yang sesungguhnya yang harus di kerjakan kepada seluruh jajaran Dekranasda Kota Kendari yang baru saja dilantik, agar produk-produk yang dihasilkan oleh daerah agar mempromosikan ke luar daerah,” ujar pria yang akrab disapa ADP ini.

ADP bilang, Kota Kendari sebagai Ibu Kota Provinsi Sultra terdapat bermacan-macam kreativitas, sehingga dituntut peran Dekranasda untuk mempromosikan poduk-produk tersebut.

”Salah satu komitment saya juga ke depannya, sebagai pembina Dekranasda Kota Kendari untuk menyediakan tempat khusus bagi seluruh pengurus yang sudah di lantik. Tempat atau kantor itu khusus agar untuk memajang karya kerajinan-kerajinan tangan di Sultra, khusnya yang ada di Kota Kendari,” tuntas orang nomor satu di Kota Kendari ini. (m2/man)

To Top