Pendidikan

Rektor IAIN Kendari Pimpin ADI Sultra

Suasana pelantikan pengurus MPW ADI Sultra oleh Dino Pati Djalal selaku Ketua Umum MPP ADI. (FOTO SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Majelis Pengurus Wilayah (MPW) Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah dilantik, (27/11). Kepengurusan dengan masa bakti 2017-2022 ini diketuai Rektor IAIN Kendrai, Nur Alim.

Pelantikan yang digelar di salah satu hotel di Kota Kendari ini diikuti 135 pengurus yang merupakan dosen dari berbagai kampus di Sultra. Mereka dilantik oleh Dino Pati Djalal selaku Ketua Umum Majelis Pengurus Pusat (MPP) ADI.

Usai melantik pengurus ADI Sultra, Dino yang merupakan mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat ini berpesan agar para dosen yang tergabung dalam organisasi tersebut memberikan dedikasi yang tinggi dalam mencerdaskan generasi bangsa.

“Yang terpenting sebagai dosen adalah bagaimana agar mahasiswa kita kompeten, unggul kreatif,” kata Dino.

Persoalan kompetensi, lanjut Dino patut menjadi perhatian dosen dikarenakan selama ini masih tidak sejalan antara penguasaan teori dan kompetensi SDM alumni dari perguruan tinggi. Kelemahan dalam kompetensi inilah yang sering dikeluhkan oleh para pemilik perusahaan.

“Sebagai dosen harus menjalankan misi menyentuh hati dan nalar mahasiswa sehingga output perguruan tinggi akan lebih berkualitas,”tambahnya.

Sementara itu, Ketua MPW ADI Sultra Nur Alim mengaku berkomitmen membangun sinergi dengan seluruh pengurus untuk mengembangkan kapasitas dan kompetensi anggota di pengurusannya itu. Ia juga menyinggung soal dedikasi dosen terhadap dunia pendidikan melalui puisi yang berisi motivasi terhadap dosen untuk mengabdikan diri setulus hati, demi kualitas dan kompetensi mahasiswa.

Nur Alim juga mengajak anggota memanfaatkan potensi yang ada dan dapat bermanfaat pada perguruan tinggi masing-masing.

“Pembentukan ADI Sultra juga diharapkan akan meningkatkan kontribusi dosen dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan daya saing sumber daya manusia di Sultra,” ungkap Nur Alim. (m1/mk6/mk9/nur)

To Top