Pemkot Siapkan Langkah Cegah Banjir – Berita Kota Kendari Online
Beranda

Pemkot Siapkan Langkah Cegah Banjir

KENDARI, BKK – Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sudah mulai mempersiapkan langkah-langkah antisipasi banjir.

Salah satu langkah prevenrif yang akan diambil, di antaranya melakukan pembenahan drainase pada wilayah yang rawan banjir.

“Harapan kami, langkah preventif yang kami lakukan bisa mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Kendari,” ujar Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra, Senin (27/11).

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kendari Faisal Alhabsyi mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan pembenahan drainase.

“Drainase yang mesti kita perbaiki sebenarnya masih lumayan banyak, seperti di Kecamatan Mandonga, Anduonohu, serta di daerah Kampung Salo,” katanya.

Menurut Faisal, banjir sebenarnya tidak saja bertumpuk pada drainase. Tetapi juga disebabkan adanya pohon yang tumbuh di gorong-gorong.

“Sebenarnya banjir itu disebabkan bukan saja drainase yang tidak baik, melainkan disebabkan karena hutan yang telah gundul, serta iklim yang tidak menentu,” ucapnya.

Untuk itu, Faisal berharap, semua pihak dapat terlibat untuk menangani banjir di Kota Kendari. Cara sederhana misalnya, membuang sampah pada tempatnya.

“Bukan hanya itu, kami juga meminta kepada semua pihak agar tidak mempersempit luas sungai, sehingga air bisa mengalir dengan baik,” pungkasnya. (cr6/man)

To Top