Lingkar Sultra

Kery Serahkan Hadiah untuk Siswa Berprestasi

BUPATI Konawe, Kery Saiful Kanggoasa saat membacakan pidato seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang dirangkaikan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Konawe, belum lama ini.

UNAAHA/ BKK – Upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang dirangkaikan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Konawe berjalan khidmat. Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa memimpin jalannya upacara yang digelar di Halaman Kantor Bupati Konawe, akhir pekan lalu.

Dalam upacara ini, Kery memberikan penghargaan berupa uang kepada siswa-siswa dan guru-guru teladan se Kabupaten Konawe. Para siswa ini telah mampu mengharumkan nama Konawe dengan prestasinya di dunia akademik maupun olahraga.

Saat membacakan sambutan seragam Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kery menyampaikan bahwa momentum Hari Guru Nasional hendaknya dijadikan sebagai perenungan, apakah guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Teladan ini perlu dalam membentuk karakter peserta didik.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter, mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan. Guru mempunyai tanggung jawab membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah pikir dan olahraga.

“Guru dan tenaga kependidikan juga harus mampu mengelola kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga serta masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental,” ucapnya.

Bagi pemerintah, lanjutnya, Peringatan HGN dan HUT PGRI menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan. Masih banyak persoalan guru yang belum teratasi. Olehnya itu kebijakan yang diambil akan lebih memihak dan menguntungkan guru sehingga lebih berkompeten dan terlindungi. Tujuannya agar lebih sejahtera dan lebih bermartabat.

“Kita tentu tidak akan berhasil tanpa adanya guru. Semua organisasi profesi dan asosiasi guru kita tentu mengucapkan terima kasih tak terhingga atas jasa-jasa kalain negeri ini berpendidikan dan cerdas-cerdas,” tuturnya. (r4/aha)

To Top