Lingkar Sultra

KASUS DUGAAN KORUPSI DAK 2015 Delapan Pejabat Dipanggil Jelang Penetapan Tersangka

RAHA, BKK- Kejaksaan Negeri Muna telah melayangkan surat panggilan kepada delapan saksi dalam kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus tahun anggaran 2015. Pemanggilan delapan saksi yang merupakan mantan pejabat saat itu dilakukan menjelang penetapan tersangka.

Informasi yang dihimpun Berita Kota Kendari, Senin (27/11), delapan pejabat atau mantan pejabat yang dipanggil adalah mantan kepala dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah, kepala Bappeda, Plt Kadis PU Muna dan mantan Kepala BLH Muna. Lainnya adalah dua pejabat pembuat komitmen (PPK) di Dinas PU dan BLH Muna serta tiga orang kepala bidang di dinas DPKAD.

Delapan orang ini masing-masing memegang jabatan tersebut pada 2015, dan sebelumnya sudah menjalani pemeriksaan sekaitan kasus ini. Kepala Kejari Muna, Badrut Tamam menjelaskan, delapan pejabat tersebut dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Kejari pada pekan depan.

“Jadwal pemeriksaannya mulai Selasa sampai Jumat pekan depan,” kata Badrut Tamam.

Kajari juga mengatakan tim penyidik Kejari Muna sudah membagi jadwal pemeriksaan. Pada Selasa nanti ada 2 orang pejabat aktif dan 1 mantan Kepala OPD dan 1 orang Kabid. Selanjutnya Rabu, 2 orang kabid dan mantan kabid di DPKAD Muna, Kamis 1 orang PPK dari PU Muna dan 1 orang Kepala SKPD, dan Jumat 2 orang Kepala SKPD.

Apakah setelah pemanggilan itu Kejari akan langsung menetapkan tersangka, BT tidak memberikan jawaban pasti. Yang jelas, pada 9 Desember mendatang merupakan peringatan Hari Anti Korupsi.

“Pekan depan kita akan melakukan pemeriksaan kepada para pihak. Kalau terkait penetapan para tersangka dan apakah langsung ditahan, nantinya, itu kewenangan penyidik. Kita lihat saja nanti ,” pungkas mantan Kasi Intel Kejari Jakarta Utara ini. (r1/aha)

To Top