Hadapi Pilkada, KPU Kolaka Harap ASN Netral – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

Hadapi Pilkada, KPU Kolaka Harap ASN Netral

KOLAKA, BKK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bersikap netral dalam Pilkada yang akan digelar 2018 nanti.

“Netralitas ASN sangat kita harapkan dalam Pilkada, karena memang hal tersebut sudah dituangkan dalam aturan yang ada. Jadi nantinya tidak ada lagi ASN yang melanggar terkait hal ini,” harap Komisioner KPU Kolaka

Muhammad Aidil Adha, Senin (27/11), usai menjadi pembicara dalam sosialisasi netralitas ASN dalam Pilkada Kolaka yang diselenggarakan Kesbangpol setempat.

Dijelaskannya, larangan ASN berpolitik ini juga memiliki sanksi tegas, sebagai mana tertuang dalam surat edaran Mendagri Nomor : 273/3772/JS tertanggal 11 Oktober 2016 sebagai penegasan Pasal 70 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah, pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati dan walikota.

“Dalam Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin ASN, dijelaskan kalau ASN dilarang kampanye,” ungkapnya.

Aidil menegaskan, di Pilkada Kolaka 2018 nanti, jika ada PNS yang ikut kampanye ataukah menjadi tim sukses, maka yang akan memproses itu menjadi domain Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). (r3/nur)

To Top