Suksesi

Diprediksi Calon Independen di Pilkada Kolaka Kosong

Ashari Arifin

KOLAKA,BKK- Sejak pendaftaran jalur perseorangan dibuka, belum satu pun bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kolaka yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Diprediksi calon independen di Pilkada 2018 bakal kosong.

“Kami prediksi pada Pilkada Kolaka untuk jalur perseorangan atau independen tidak ada yang mendaftar,” kata pemerhati politik yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka Ashari Arifin, Senin (27/11).

Menurut Ashari, bisa jadi pada Pilkada Kolaka akan terjadi head to head antara pasangan Ahmad Safei-Muhammad Jayadin yang didukung mayoritas partai politik, dengan pasangan Asmani Arif-Syahrul Beddu yang kemungkinan hanya didukung Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Adapun mantan Kadis Pemberdayaan Perempuan Kolaka, Hasmito Dahlan yang selama ini tersiar kabar akan maju melalui jalur perseorangan berpasangan dengan politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rustam Petanyala, menurut Ashari sudah tidak terdengar lagi gerakannya, sehingga dipastikan dari jalur independen tidak ada yang mengisi.

Belum adanya yang mendaftar untuk jalur perseorangan diakui Komisioner KPU Kolaka Muhammad Aidil Adha, saat berkunjung di sekretariat PWI Kolaka kemarin. Menurutnya, sejak dibuka pendaftaran untuk jalur independen 25 November lalu, sampai hari ini belum ada calon yang mendaftar.

Menurut Aidil, untuk menjadi calon independen, syarat yang harus dipenuhi adalah mengumpulkan foto copy Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) paling sedikit 16.488 lembar yang tersebar pada tujuh kecamatan dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka.

“Kami tetap menunggu putra putri terbaik Kolaka untuk maju Pilkada Kolaka melalui jalur perseorangan atau independen, hingga tanggal 30 November 2017, pukul 00.00 Wita,” kata Aidil Adha. (r3/nur)

To Top