Pusat Hentikan Bantuan IKM untuk Sultra – Berita Kota Kendari Online
Beranda

Pusat Hentikan Bantuan IKM untuk Sultra

KENDARI, BKK – Bantuan pusat bagi industri kecil menengah (IKM) yang dikucurkan untuk Provinsi Sulawesi Tenggara telah dihentikan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Sultra Siti Saleha mengatakan, Sabtu (25/11), dulu pihaknya selalu mendapatkan bantuan IKM dari pemerintah pusat, tetapi sudah tiga tahun ini pihaknya belum mendapat bantuan itu.

“Sebab, di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sultra, sudah dihapuskan untuk bantuan alat IKM itu,” jelasnya.

Dikatakan, pihaknya akan kembali mengusulkan bantuan alat mesin IKM.

“Misalnya alat perbengkelan. Karena saat ini kami sangat membutuhkan alat tersebut. Karena, saat ini banyak teman-teman yang mengeluh masalah bantuan IKM, karena sebelum itu kami telah melakukan pelatihan kepada mereka tetapi sekarang pelatihan macet disebabkan kekurangan alat IKM tersebut,” alasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengusulkan bantuan kendaraan berupa mobil, untuk bisa mendatangkan ikan-ikan yang berada di daerah terpencil.

“Jadi, bantuan alat peralatan itu jangan dihentikan lagi,” pintanya.

Ia melanjutkan, bukan hanya bantuan sitem peralatan yang jadi masalah, tetapi di sitem permodalan juga menjadi hambatan bagi IKM ini.

Menurut dia, pihaknya sudah mengusulkan bantuan itu kepada Ketua Komisi VI DPR RI.

“Agar menyampaikan usulan kami di Kemenperin. Jadi, saat ini kami menunggu balasan dari pemerintah pusat, terkait usulan yang kami sudah sampaikan,” terangnya. (m2/iis)

To Top