Pemprov, Usulkan Anggaran Pembangunan Mesjid Al-alam Sebesar 8 milyar – Berita Kota Kendari Online
Beranda

Pemprov, Usulkan Anggaran Pembangunan Mesjid Al-alam Sebesar 8 milyar

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Anggaran finishing pembangunan Masjid Al Alam dipangkas Rp 3 miliar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra). Usulan sebesar Rp 8 miliar yang disetujui hanya Rp 5 miliar.

”Kami kembali mengusulkan ke DPRD Provinsi Sultra sebesar Rp 8 miliar melaui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 nanti, untuk pembangunan mesjid tersebut. Seperti pembuatan kaligrafi, sound system, AC (air conditioner) dan beberapa kebutuhan finishing lainnya. Namun yang disetujui hanya Rp 5 miliar,” kata Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra Pahri Yamsul, Sabtu (25/11).

Meski demikian, ungkap dia, pihaknya tetap bersyukur. Walaupun sekecil itu bantuan yang sudah diberikan, ujar dia, pihaknya akan mengunakan bantuan itu sesuai dengan peruntukannya.

Ia memaparkan, proses pembangun Masjid Al Alam sudah mencapai 85%.

Walaupun saat ini sudah memasuki musim penghujan, lanjut dia, proses pembangunan mesjid masih terus berjalan dengan baik.

Rangka kedua menara yang berada di sisi kiri sudah nampak terlihat dari kejauhan, kata dia, tinggal dilakukan proses pengecoran.

”Sementara, menara yang berada di sisi kanan pengerjaannya sementara berjalan, kemudian enamel kubahnya sebagian sudah terpasang,” katanya.

Ia melanjutkan, selain itu pihaknya juga sementara membangun gerbang depan jalan masuk.

”Pembangunan masjid ini sudah mengabiskan anggaran sekita 264 miliar dari APBD Sultra sejak 2010,” bebernya.

Untuk itu, tekan dia, pihaknya akan meningkatkan pembangunan masjid itu dengan anggaran yang ada, sehingga pekerjaannya tuntas Desember 2017, agar masjid itu diresmikan sehingga masyarakat bisa menggunakan untuk beribadah.

Diketahui, masjid tersebut yang berdiri di Teluk Kendari seluas 8.000 meter persegi, dibangun setinggi tiga lantai, yang sudah didesain menampung sebanyak 10.000 jemaah. (m2/iis)

To Top