Aktualita

Sempat Tertunda, Dana Bos Butur Mulai Dicairkan

BURANGA, BKK- Sempat tertunda, akhirnya Biaya Operasional Sekolah (BOS) satuan pendidikan di Kabupaten Buton Utara (Butur) disalurkan.

Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Butur telah mengintruksikan semua sekolah segera melengkapi persyaratan agar biaya operasional segera dicairkan untuk melunasi kebutuhan rutin sekolah yang menunggak dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.

Kepala Diknas Butur, Agus Pria Budiana mengatakan, Dana BOS triwulan ketiga telah masuk ke KAS daerah.

“Dana BOS kurang lebih Rp 6 miliar sudah mulai dicairkan. Anggarannya sudah ada. Sekolah-sekolah sudah banyak mengajukan pencairan,” ujar Agus Pria Budiana saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/11).

Mantan Camat Bonegunu itu mengungkapkan, keterlambatan pencairan murni disebabkan berbagai masalah terjadi salah satunya kesalahan transfer dan Surat Keputusan penyaluran Dana Bos terlambat diteken. Bukan kelalaian dinas pendidikan dikabupaten/kota.

Agus menambahkan, pada prinsipnya dana BOS dipergunakan untuk keperluan siswa terkait proses belajar mengajar selama di sekolah. Namun, ada beberapa standarisasi yang harus dipenuhi dalam penggunaannya.

Misalnya saja, sambung Agus dana BOS diporsikan untuk membiayai operasional program sekolah, yakni pengembangan kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, pendidik dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana sekolah, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan sistem implementasi penilaian. (cr10/lex)

To Top