Hari Ini, WON-Andre Mendaftar ke KPU – Berita Kota Kendari Online
Suksesi

Hari Ini, WON-Andre Mendaftar ke KPU

Wa Ode Nurhayati dan Andre Darmawan

KENDARI, BKK – Wa Ode Nurhayati-Andre Dermawan (WON-Andre) dipastikan akan melakukan pendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini, Jumat (24/11), sebagai Bakal Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra melalui jalur perseorangan.

“Yah, dia (WON-Andre) sudah konfirmasi tadi (kemarin,red) via telepon, kalau besok (hari ini, red) jadi mendaftar,” terang salah satu Komioner KPU Sultra, Iwan Rompo Banne saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/11). nya.

Ia menjelaskan, pihaknya juga telah mengingatkan kepada bapaslon jalur perseorangan untuk melengkapi syarat yang diwajibkan ketika mendaftarkan diri. Utamanya DKWK surat pencalonan dan D1 KWK perseorangan yang berisi daftar nama-nama dukungan.

“Untuk DKWK surat pencalonan harus ditandatangani keduanya dan untuk D1 KWK perseorangan yang berisi daftar nama-nama dukungan masyarakat mesti dilengkapi dengan identitas dan tanda tangan yang berjumlah 170.825 orang,” jelasnya.

Proses pendaftaran jalur persorangan yang dibuka pada momentum Pigub kali ini, lanjutnya, cukup berbeda dari yang sebelumnya. Dimana, regulasi yang digunakan mengacu pada PKPU nomor 15 tahun 2017.

“Dulu, tanda terima bisa terbit ketika syarat D1 KWK perseorangan telah diperiksa kegandaannya. Sekarang yang penting jumlah syarat dukungan dan persebaran dukungan memenuhi syarat bisa langsung mendapatkan tanda terima,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, masih kata Iwan, tool atau alat bantu yang digunakan dalam proses ini juga lebih canggih dibanding yang sebelumnya. Pada 2015 lalu, sistem informasi pencalonan (silon) yang digunakan masih berbasis dekstop mode, sekarang telah ditingkatkan dengan berbasis interaktif mode.

“Silon dengan basis interaktif mode ini memiliki banyak keunggulan yang membantu kerja-kerja kita, seperti mendeteksi kegandaan atau mendownload file dari dalam aplikasi,” papar Iwan.

Ia juga menambahkan, memasuki hari kedua masa pendaftaran kemarin, belum satupun bapaslon perseorangan yang mendaftarkan diri.

“Hari ini tidak ada yang mendaftar,” pungkasnya.(cr5/nur)

To Top