Pendidikan

Wakili Sultra di Pentas PAI, Siswa SMPN 17 Kendari Raih Juara Dua

Penyerahan piagam penghargaan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir kepada Muhammad Faiz Shadiq yang didampingi Kepsek SMPN17 Kendari (kiri depan).(Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK – Salah satu siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 17 Kendari, Muhammad Faiz Shadiq mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) di ajang Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke-VIII di Kota Banda Aceh Oktober lalu. Siswa yang duduk di bangku kelas 8.7 itu pun memberikan hasil yang membanggakan karena berhasil meraih juara dua di kegiatan tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) itu.

“Saya sangat bersyukur, anak ini bisa membangggakan sekolah maupun daerahnya. Apalagi kejuaraan yang diikuti di level nasional, semua provinsi memiliki perwakilan di ajang tahunan tersebut,” ucap Kepala SMPN 17 Kendari Nurdin saat ditemui, Senin (13/11).

Ia menjelaskan, prestasi yang diraih siswanya itu, berkat pembinaan yang dilakukan secara rutin baik di sekolah maupun di rumah melalui guru pembimbing. Bahkan, jauh sebelumnya sudah dilakukan persiapan yang matang untuk mengikuti lomba Pentas PAI tersebut.

“Semoga ke depan bukan hanya Faiz yang bisa membanggakan sekolah, tetapi juga bisa ditiru siswa lain agar juga bisa berprestasi. Kami pun selalu memberikan reward bagi siswa yang berprestasi melalui dana BOS,” ungkap Nurdin.

Sementara itu, guru pembimbing di SMPN 17 Kendari, Jamila SPdi mengatakan, siswanya mengikuti Pentas PAI kategori pidato agama yang diadakan Kemenag untuk tingkat SMP se-Indonesia.

“Pembimbingan dilakukan sejak awal dan dipersiapkan. Awalnya, siswa kami mengikuti PAI di tingkat kota dan menjadi juara pertama. Kemudian, Faiz kembali ikut di tingkat provinsi, juga keluar sebagai juara pertama. Nah, di tingkat nasional siswa kami kembali menjadi juara yakni juara dua,” ujar Jamila.

Ia mengakui, pencapain tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari Kepala sekolah maupun guru-guru dalam mensupport siswa yang berprestasi. Bimbingannya sendiri bukan hanya di sekolah tetapi juga dipersiapkan di rumah agar bisa tampil lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan event-event berikutnya bisa kita ikut dan siswa bisa terus meningkatkan kemampauannya dengan terus berlatih. Selain itu, kami juga berharap kepada siswa lainnya untuk ikut berpretasi membanggakan sekolah, daerah dan bahkan orang tua,” pungkasnya. (m1/nur)

To Top