Headline

FKPPI Jangan Hanya Dikenal Seragamnya, Tapi Perannya di Masyarakat

KENDARI, BKK – Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri dan Purnawirawan TNI-Polri (FKPPI) jangan hany dikenal karena pakaian seragamnya, tetapi harus dikenal karena perannya yang positif di dalam masyarakat.

Hal itu dikatakan, Danrem 143 Haluoleo, Kol Inf Andi Perdana Kaharuddin saat memberikan sambutan pada acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Daerah XXI FKPPI Provinsi Sultra periode 2017-2022 yang berlangsung di Grand Clarion Hotel Kendari, Senin (13/11) sore.

Danrem sebagai pembina FKPPI meminta PD FKPP Sultra yang dilantik agar benar-benar mengambil peran yang lebih baik dalam kehidupan kemasyarakatan baik dalam bentuk pengabdian maupun peningkatan sumber daya manusia (SDM).

“Selama ini kami membina organisasi di masyarakat. Sekarang kami membina organisasi dari anak kandung sendiri. Mari kita bersama-sama selalu bersatu untuk bangsa dan negara ini,” katanya.

Danrem menjelaskan, saat ini berbagai ancaman terhadap generasi bangsa ini, sehingga FKPPI harus tetap konsisten untuk menjaga keutuhan NKRI.

Ancaman itu, katanya, ada yang kita tidak sadari, dan ada juga yang secara terang-terangan. Misalnya, melalui peredaraan narkoba, ini adalah ancaman bagi generasi muda kita. Lalu ada yang berusaha merongrong keutuhan NKRI melalui faham yang bertentangan dengan pancasila.

Ia menegaskan, jiwa dan raganya bagi seluruh anak prajurut TNI dan Polri hanya untuk FKPPI, sebab itu tidak ingin organisasi itu terpecah belah.

Untuk itu kata Danrem yang juga Alumni SMU Negeri I Kendari itu juga memberi koreksi yang positif bagi anak-anak pejuang dan veteran di Sultra itu agar disiplin dalam berorganisasi tetap dinomorsatukan sebab, tanpa disadari bahwa organisasi akan dapat dihargai dan disegani bila aturan serta disiplin ditegakkan.

Andi Perdana juga meyakini bahwa kader FKPPI Sultra bila selalu kompak dan solid maka akan tampil terdepan dalam membangun Sulawesi Tenggara yang lebih baik.

Sebelumnya, Ketua Umum PP FKPPI, Pontjo Sutowo juga menekankan agar kader-kader FKPPI terus mengambil peran strategis dalam pembangunan daerah.

“Mudah-mudahan di bawah kepemimpinan Pak Rusman yang juga seorang bupati, FKPPI Sutra akan lebih berkembang lagi sebagai rumah besar anak-anak TNI-Polri dan purnawirawan TNI-Polri,” katanya.

Ditegaskan, kader-kader FKPPI yang secara biologis adalah anak-anak dari TNI-Polri dan Purnawirawan TNI-Polri harus menjadi pelopor terus tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum dari kegiatan hari ini harus dapat memberikan arti dan nilai positif, sehingga FKPPI dapat berperan aktif memajukan pembangunan bangsa dan menjadi pelopor, motivator, inovator bagi generasi muda khususnya dalam menegakkan hukum, bela negara serta menciptakan iklim kondusif di Sultra,” kata Pontjo Sutowo.

Pontjo Sutowo hadir melantik PD XXI FKPPI Sultra didampingi Dewan Pakar PP FKPPI, Prof Dr La Ode Masihu Kamaluddin MEng MSc.

Sementara itu, Rusman Emba yang terpilih menjadi pemimpin keluarga anak-anak TNI/Polri itu berjanji bahwa apa yang diamanahkan tersebut akan diembannya dengan baik dan akan mengembalikan marwah FKPPI sebagai perkumpulan putra-putri purnawirawan dan putra-putri TNI/Polri, untuk membicarakan kemajuan negara, karena kedaulatan NKRI juga sebagai tugas FKPPI.

“Tentu banyak yang akan kita benahi dalam organisasi ini, tentunya forum ini akan kembali berjaya dalam kepengurusan saya,” janjinya.

Bupati Muna itu mengatakan semua komponen FKPPI Sultra, harus bersatu dalam kebersamaan dalam membangun Sultra yang lebih baik. FKPPI adalah komunitas yang sangat besar dan FKPPI akan menjadi wadah berkumpul untuk memikirkan situasi negara yang sedang diperhadapkan dengan dinamisasi saat ini.

Rangkaian pelantikan dan pengukuhan pengurus FKPPI Sultra lima tahun ke depan dengan ketua Umum, Rusman Emba yang juga Bupati Muna dibantu beberapa wakil ketua, Sekertaris Budi Prasojo S dan beberapa wakil sekertaris dan Bendahara Via Sabara yang dibantu beberapa wakil bendahara serta dilengkapai beberapa seksi.

Hadir pada pelantikan PD FKPPI Sultra, mewakili gubernur, Kapolda, Danlanal, Danlanud, Asisten II Pemkot mewakili Wali Kota Kendari, sejumlah senior FKPPI seperti Yani Muluk, Jusuf Mundu, Fikri Joenos, serta sejumlah organisasi kepemudaan yang ada di sultra. (lex)

To Top