Headline

Wakatobi Wave Sukses Tampilkan Budaya Maritim 4 Pulau

Tarian kolosal menampilkan tarian khas dari empat pulau mengisi acara Wakatobi Wafe 2017

Bupati dan wabup bersama penjabat dari kemenko maritim serta sejumlah raja-raja dari Panguyuban Raja-raja Nusantara usai pembukaan Wakatobi Wafe 2017

Wangi Wangi, BKK – Bertempat di lapangan Pangulubelo,Kelurahan Mandati, Kecamatan Wangi-wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sabtu (11/11), pelaksanaan Wakatobi Wonderful Festival and Ekspo sukses digelar.

Budaya maritim dari 4 pulau menjadi sajian yang sukses memanjakan mata para pengungjungnya, sebuah maha karya yang spektakuler persembahan puluhan ribu masyarakat kabupaten yang berjuluk kabupaten maritim ini yang dibalut dalam karnaval budaya maritim.

1000 anak-anak kepulauan menjadi pelaku sejarah dalam pelaksanaan gelaran Wakatobi Wafe dengan menampilkan tarian kolosal dari 4 pulau, yakni Tari Balumpa,Tari Sajo Moane, Tari Lariangi, dan Tari Lengko di tambah dengan 150 Kansodaa.

Kepala Dinas Pariwisata, Nadar, S.Ip menjelaskan, taari kolosal ini memadukan beberapa unsur tari tradisional khas masing-masing pulau di Kabupaten Wakatobi dimana masing” tari tersebut menjadi ikon di tiap pulau seperti tari Balumpa, keterwakilan dari pulau Binongko, Tari Sajo Moane, keterwakilan dari pulau Tomia, Tari Lariangi keterwakilan dari pulau Kahedupa, dan tari Lengko dan Kansodaa keterwakilan dari pulau Wangiwangi.

Hadir dalam Acara puncak yang di buka secara langsung oleh Sekertaris Kemenko Maritim, Laksamana Muda TNI Purnawirawan Agus Purwoto, yang di dampingi oleh Buoati Wakatobi H.Arhawi, SE diantaranya Wakil Sekertaris Kabinet ibu Ratih Nurdianti,SH, LLM, Anggota DPD RI, Waode Hamsina Bolu, Ketua DPRD Prov. Sultra, Abdurahman Saleh, serta para raja-raja yang tergabung dalam paguyuban Raja-raja Nusantara.

Dalam sambutannya Bupati Wakatobi, Arhawi menjelaskan bahwa, gelaran Wakatobi Wave kali ini adalah gelaran yang ke tiga kalinya secara berturut-turut dan menjadi salah satu kegiatan yang telah masuk dalam kelender even nasional yang di tetapkan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Pelaksanaan Wakatobi Wave tahun ini mengambil tema besar, mengapresiasi keragaman budaya, membina keutuhan spirit maritim dalam rangka memperkaya khasanah budaya nasional, yang akan memberikan jawaban nyata atas konsistensi dan komitmen pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Wakatobi, untuk terus mempertahankan keragaman budaya maritim yang kita miliki.

“Kesungguhan pemerintah daerah dan masyarakat untuk menyiapkan penyelenggaraan Wakatobi Wave 2017 ini adalah bagian daru upaya pengembanyan pariwisata nasional dalam mencapai target kujungan wisata yang telah di tetapkan oleh pemerintah pusat,” tutupnya.

Mewakili pemerintah pusat atas nama Presiden Republik Indonesia serta pelimpahan tugas dari Menteri Koordinasi Kemaritiman, bapak Agus Purwoto menyampaikan bahwa setelah menyaksikan keragaman budaya yang telah di sajikan akan melaporkan secara serius pemerintah Daerah Wakatobi telah menyelenggarakan festival ini serta telah melaksanakan serangkaian pembangunan yang telah di persiapkan.

“Pembangunan infrastruktur yang akan menghubungkan antar pulau, pembangunan bandara nantinya akan membantu melancarkan perekonomian daerah dalam mencapai kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sebelum membuka kegiatan, Agus mengucapkan selamat kepada Pemda dan masyarakat Wakatobi karena telah sukses menggelar kegiatan yang megah seperti ini, serta berhasil membangun negeri dengan menyatakan Wakatobi sebagai Daerah Maritim. (k2/lex)

To Top