Aktualita

Petani Jagung di Konut Mulai Panen

Petani di Konut sedang memanen jagungnya, dan hamparan jagung yang sipa panen. Foto: IST

WANGGUDU, BKK – Petani di Kabupaten Konawe Utara, saat ini mulai memasuki masa panen perdana jangung hibrida, setelah wilayah ini dicanangkan sebagai kawasan penanaman jagung oleh Mentan Amran Sulaiman, Januari 2017.

“Alhamdulillah sekarang sudah mulai musim panen. Ini akan menjadi penghasilan bagi masyarakat Konut. Program penanaman jagung ini akan terus ditingkatkan. Insya Allah Oganduuu Odoi,” begitu tulisa Bupati Konut, Dr Ir Ruksamin MSi dalam salah satu grup WhatsApp, Sabtu (11/11).

Menurut Ruksamin, saat ini luasan tanaman jagung mencapai 40 hektar yang memasuki panen.

Seluruhnya sekitar 1.000 hektar lahan dari target 10.000 haktare yang ditanami jagung yang tersebesar di beberapa wilayah desa dan kecamatan.

Dijelaskan, program penanaman jagung ini diusahakan petani, pemerintah mensupport bibit dan pupuknya.

“Ini program pemda, yang laksanakan petani. Kami tinggal bantu benih dan pupuknya,” kata Bupati yang dikenal dengan program Jumat Barokah-nya ini.

Ia menjelaskan, bibit jagung hibrida tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat kepada petani yang penanaman perdananya dilaksanakan langsung oleh Menteri Pertanian.

Masyarakat di Kabupaten Konawe Utara sangat antusias untuk melakukan penanaman jagung tersebut, apalagi struktur tanah di daerah tersebut sangat cocok untuk ditanami jagung varietas unggul.

Guna mengakomodir hasil panen petani kata Ruksamin, Pemkan Konut telah melakukan kerja sama dengan Bulog Sultra untuk membeli jagung petani. Selain itu, ada salah satu perusahaan yang akan melakukan kerja sama dengan Pemda setempat untuk membeli jagung tersebut.

“Kesepakatan dengan Bulog harga pembelian ditetapkan sebesar Rp3.150 per kilogram dengan kadar air 15 persen,” jelas Ruksamin.

Ruksamin menambahkan, pihaknya terus memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana menanam jagung yang baik dan benar sehingga menghasilkan mutu yang berkualitas.

Pemerintah daerah juga akan mengupayakan pembangunan fasilitas pengeringan jagung serta penyiapan gudang yang representatif, dengan harapan untuk mengantisipasi jika panen petani berlimpah. (lex)

To Top