Pendidikan

KSR PMI UHO Gelar Donor Darah

Suasana kegiatan donor darah yang dilakukan PMI UHO (Yeni/bkk)

KENDARI, BKK – Korps Suka Rela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar donor darah dengan tema ‘buktikan kepedulianmu karena darahku, darahmu untuk kemanusiaan’. Kegiatan ini berlangsung di Gedung MKU Sport Center UHO, Kamis (09/11).

Ketua panitia kegiatan, Alwin Mahyudin mengatakan, banyak manfaat dari donor darah. Pertama dapat mengurangi resiko penyakit jantung karena ketika darah yang ada di dalam tubuh berlebihan maka bisa menyebabkan jantung lebih aktif, sehingga secara medisnya dapat menimbulkan pengaruh tersendiri. Kedua bagi orang gemuk yang ingin diet terbukti kurang dari tiga bulan ada penurunan berat badan khususnya di bagian pinggang.

Jumlah donor darah yang diambil, lanjut Alwin, tergantung dari berapa tekanan darah si pendonor. Biasanya pendonor rata-rata diambil darahnya satu kantong atau bisa lebih dan setiap satu kantong terdiri dari 350 milli liter.

Bagi peserta donor darah telah disediakan asupan gizi berupa bubur kacang ijo. Bubur kacang ijo ini menjadi pilihan karena bahan-bahan yang mengandung zat hijau bisa menormalkan kembali sel darah.

“Harapannya, dalam kegiatan ini pertama bagi masyarakat umum sebagai pembelajaran bahwasanya darah sangat dibutuhkan pada kehidupan karena semua organisme yang ada di dalam tubuh kita sangat memerlukan darah,”kata Alwin.

Selain itu, kagiatan yang laksanakan tersebut tujuannya untuk membuktikan apakah benar mahasiswa sebagai kaum sosialis yang tidak hanya sekedar teori mengatakan dia peduli sesama.

“Tapi dengan seperti ini menjadi bukti nyata bahwa mereka siap melakukan kegiatan donor darah,” imbuhnya. (mk6/mk7/nur)

To Top