Headline

Rektor UHO: Wisudawan Harus Menjaga Almamater dan Etika

Rektor UHO, mengukuhkan guru besar bidang Ilmu Manajemen Prof Dr Adnan Hakim SE MSi

Suasana wisuda dan wisudawan UHO, Selasa (7/11). (Foto Sumardin/BKK)

KENDARI, BKK – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Dr Muh Zamrun F SSi MSi MSc mengharapkan agar para lulusan atau alumni UHO dapat menjaga integritas dan profesionalisme setelah berada di lapangan kerja.

“Wisudawan harus mampu menjaga integritas dengan menempatkan pekerjaan profesionalnya sebagai pengabdian kepada tuhan yang maha esa, bangsa dan negara,” kata Prof Muh Zamrun dalam sambutannya pada acara wisuda program doktor, magister, dan sarjana di Gedung Auditorium Mokodompit UHO, Selasa (7/11).

Prof Muh Zamrun yang juga Doktot lulusan Jepang meminta wisudawan agar ilmu yang diperolehnya dapat digunakan di dalam wilayah NKRI sesuai dengan profesi masing-masing dan tetap menjaga almamater serta etika sebagai sarjana, doktor, magister dan dokter.

Muh Zamrun menjelaskan, proses wisuda merupakan salah satu bentuk tanggung jawab UHO kepada bangsa dan negara Indonesia dan menjadi wujud karya utama UHO.

“Mewakili segenap civitas akademika UHO, mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilannya dalam menempuh pendidikan di UHO,” ujar Prof Zamrun.

Dalam pelaksanaan wisuda itu, UHO kembali melakukan pengukuhan guru besar yakni Prof Dr Adnan Hakim SE MSi sebagai guru besar ke 72 pada bidang ilmu Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHO.

Ia mengatakan, bertambahnya guru besar, khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya bidang ekonomi dan bisnis.

“Disisi lain, bertambahnya guru besar ini diharapkan dapat memberikan dampak berupa energi positif dan energi penyemangat bagi sesama kawan ataupun kolega dosen lingkup UHO,” kata Prof Zamrun yang pernah menjabat sebagai Dekan FMIPA itu.

Wisuda kali ini merupakan wisuda program Doktor ke 13, Magister ke 42, Profesi Dokter ke 10, Sarjana ke 75 dan Program Pendidikan Vokasi ke 74, untuk periode Juli hingga November 2017.

Tercatat ada 995 wisudawan dari semua fakultas yang ada di UHO.

Fakultas Teknologi Ilmu Pertanian (FTIP) 9 orang, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) 28 orang, Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FTIK) 38 orang, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) 35 orang, Fakultas Peternakan 12 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) 45 orang, Fakultas Hukum 35 orang, Fakultas MIPA 53 orang, Fakultas Teknik 54 orang, Fakultas Pertanian 40 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) 65 orang.

Kemudian, Fakultas Kedokteran 19 orang, Fakultas Ekonkmi dan Bisnis (FEB) 69 orang, FKIP 330 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat 13 Orang, Fakuktas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) 15 orang dan Fakultas Farmasi 17 orang.

Kemudian, Program Pasca Sarjana 84 orang, S3 Doktor 1 orang, Profesi Kedokteran 9 orang, Magister Manajemen 5 orang. Program Profesi Vokasi 15 orang. Total keseluruhan ada sebanyak 995 wisudawan. (m1/lex)

To Top