Bisnis & Ekonomi

Wujudkan Pembangunan Ekonomi Maritim, Pemkab Wakatobi Gelar Workshop

Bupati Wakatobi H Arhawi memberikan sambutan dalam acara workhop pembangunan ekonomo maritim terpadu.

WANGIWANGI, BKK – Untuk mewujudkan Kabupaten Wakatobi sebagai poros ekonomi maritim, pemerintah setempat menggelar workshop, Senin (6/11).

Menurut Bupati Wakatobi H Arhawi, untuk mewujudkan visi pembangunan ekonomi maritim, tiga sektor unggulan harus bersinergi. Yaitu, pariwisata, perdagangan, dan perikanan.

“Upaya untuk mewujudkan Wakatobi sebagai kabupaten maritim harus di lihat pada semua aspek secara komprehensif, yang menjadi leading sector pembangunan yakni pariwisata, perdagangan, dan perikanan,” katanya dalam sambutannya pada acara workshop yang digelar di Gedung Dharma Wanita Sekretariat Kabupaten Wakatobi.

Arhawi berharap, ketiga sektor unggulan yang menjadi leading sector pembangunan Wakatobi dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan daerah.

“Sehingga semua sektor bisa saling bersinergi, untuk memberikan kontribusi yang maksimal dalam mewujudkan visi maritim Kabupaten Wakatobi yang sejahtera dan berdaya saing,” ujar orang nomor satu di Wakatobi ini.

Arhawi menyebut, workshop pembangunan ekonomi maritim terpadu bertujuan untuk mensinkronkan semua kebijakan daerah.

Panataun jurnalis koran ini, workshop diikuti mulai dari kasubbag, sekretaris hingga kepala oragnisasi perangkat daerah (OPD).

Hadir sebagai fasilitator adalah dosen Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yang juga Mantan Kepala Bappeda Wakatobi Dr Ir Abdul Manan MSc.

Para kepala OPD diberikan kesempatan persentase. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sehingga menghasilkan poin-poin penting sebagai kesimpulan. (k2/man)

To Top