Aktualita

Bupati Butur Kecewa atas Kinerja Bawahannya

Abu Hasan

B URANGA, BKK- Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan ternyata tak puas atas kinerja para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintahannya. Banyak para kepala dinas atau kepala badan hanya fokus untuk menghabiskan biaya perjalanan dinas ketimbang menuntaskan program kerja.

Berkait dengan hal itu, Abu Hasan mengaku saat ini tengah mengevaluasi para jajarannya. Ia pun kembali memperingatkan, kinerja semua kepala OPD tengah dievaluasi dan tak akan segan-segan mencopot kepala dinas yang bandel.

“Saya minta semua kepala SKPD jangan hanya disibukkan dengan perjalanan dinas. Kalau hanya mengurus perjalanan semua orang juga bisa. Terutama organisasi perangkat daerah yang membidangi pertanian dan perikanan harus intens turun kelapangan pastikan semua program unggulan berjalan,” katanya, Senin (6/7).

Abu Hasan menilai, kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sangat pro aktif jika mengurus perjalanan dinas keluar daerah. Bahkan anggaran perjalanan dinas beberapa SKPD sudah habis.

Untuk menuntaskan program kerja, tambah Abu Hasan masih kurang maksimal dan harus terus diawasi. Jika tidak dilakukan monitoring akan dikerjakan asal-asalan hanya untuk mengugurkan kewajibannya semata,” ucapnya.

Mantan Karo Ortala Pemprov Sultra itu mengungkapkan, dirinya bersama wakilnya Ramadio tengah melakukan evaluasi semua kinerja kepala dinas tanpa terkecuali.

“Saya minta semua SKPD melaporkan hasil capaian kinerjanya diakhir tahun ini. Mereka yang bekerja buruk akan diberikan catatan khusus. Sedangkan yang berprestasi akan diberikan penghargaan,” ujarnya.

Pria berkacamata itu bahkan mewarning kepada semua SKPD. Jika berkinerja buruk, maka tak segan-segan untuk merombak kabinetnya. Hal itu, menurut dia, bisa memberikan kesempatan kepada PNS lainnya yang mau bekerja secara totalitas.

“Mendekati akhir tahun akan muncul hasil evaluasi itu. Akan dipertimbangkan untuk dilakukan penyegaran pejabat organisasi perangkat daerah,” imbuhnya. (cr10/lex)

To Top