Aktualita

Telkomsel Dukung Pemerintah Soal Kewajiban Registrasi Kartu Prabayar

Branch Manager Telkomsel, Anthony Sitorus

Kendari, BKK – Telkomsel mendukung pemerintah yang memberlakukan peraturan mengenai kewajiban registrasi pelanggan prabayar.

Branch Manager telkomsel Kendari, Anthony Sitorus mengatakan peraturan tersebut sangat bermanfaat dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan layanan bagi pelanggan, terutama dalam memberikan perlindungan kepada pelanggan agar terhindar dari tindakan kejahatan dan aksi-aksi penyalahgunaan layanan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Kami berharap registrasi pelanggan prabayar ini dilakukan dengan baik dan benar oleh seluruh pihak sehingga akan menjadikan industri telekomunikasi lebih baik serta kompetisi yang lebih sehat di masa yang akan datang,” tuturnya, Saat ditemui di GraPARI, Kamis (2/11).

Telkomsel telah menyiapkan sistem yang memadai agar pada saat mulai diberlakukannya registrasi secara resmi pada tanggal 31 Oktober 2017 dan batas akhir registrasi pada 28 Februari mendatang, pelanggan dapat nyaman melakukan proses registrasi data pelanggan. Telkomsel juga telah menyiagakan lini pelayanan pelanggan untuk melayani pelanggan yang membutuhkan informasi maupun pendampingan dalam melakukan registrasi data pelanggan.

“Selain melalui SMS, Telkomsel juga menyediakan berbagai layanan agar pelanggan mudah melakukan registrasi, yakni Call Center 188, website www.telkomsel.com, mesin pelayanan mandiri MyGraPARI, layanan asistensi GraPARI Virtual, web dan aplikasi MyTelkomsel, serta pusat pelayanan pelanggan GraPARI,” tuturnya.

Selama ini sebagian pelanggan prabayar Telkomsel telah melakukan registrasi data pelanggan, namun kami tidak dapat menginfokan jumlahnya. Kewajiban untuk melakukan registrasi data pelanggan selalu kami sampaikan, baik kepada calon pelanggan maupun pelanggan lama.

Syarat registrasi menggunakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).

Cara melakukan registrasi ulang kartu prabayar yakni Registrasi melalui SMS dengan cara Ketik SMS: ULANG<spasi>NIK#NomorKK# kirim ke nomor 4444

Contoh: ULANG 1234567890123456#3201060401130027# atau Asisten atau dengan cara Virtual Telkomsel (LINE, Telegram, Facebook Messenger)

Sedangkan Cara registrasi Kartu baru dengan cara SMS, Ketik SMS : REG<spasi>NIK#NomorKK# kirim ke nomor 4444, Contoh: REG 1234567890123456#3201060401130027# Atau Telkomsel.com, lakukan registrasi kartu perdana prabayar dengan menggunakan link berikut https://telkomsel.com/registrasiprabayar

Dampaknya jika pelanggan tidak melakukan registrasi ulang yaitu;

1.Pemblokiran layanan panggilan keluar (outgoing call) dan layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalendar sejak tanggal pemberitahuan diberlakukan ketentuan registrasi ulang.oleh penyelenggara jasa telekomunikasi

2.Pemblokiran layanan panggilan masuk (incoming call) dan layanan pesan singkat masuk (SMS) jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin a.

3.Pemblokiran layanan internet jika tidak melakukan registrasi ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalendar sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud poin b.

Registrasi oleh pelanggan yang bersangkutan langsung, hanya dapat dilakukan untuk 3 nomor pelanggan untuk setiap penyelenggara jasa telekomunikasi per 1 NIK.

Ia menambahkan, registrasi untuk nomor ke-4 dan seterusnya dapat dilakukan di GraPARI.Jika lebih dari 10 nomor yang di registrasikan, pelanggan harus menginformasikan kebutuhan registrasinya (diinput di DSC). (m3/lex)

To Top